Hindari Radang karena Eksim dengan Perawatan Ringan Ini

Minggu, 11 November 2018 – 22:39 WIB
Memakai body lotion. Foto: fitnessandhealthmatters

jpnn.com - Gatal kemerahan atau eksim memang sangat menganggu penampilan. Dalam kondisi seperti ini, dibutuhkan penenang agar kulit tidak meradang dan luka karena digaruk.

Meski tak ada penyembuhan secara langsung, eksim ternyata bisa diredakan dengan perawatan loh. Dilansir dari Express, ada perawatan yang bisa dilakukan untuk menghindari iritasi. Perawatan itupun bisa dilakukan sendiri di rumah. Apa saja sih?

BACA JUGA: Rossa: Usia Seri Empat, Kulit Seri Dua

1. Rajin Melembapkan Kulit

Melembapkan kulit akan membantu membuatnya terhidrasi dan mengurangi risiko merasa kulit terbakar. "Pelembap yang paling berminyak dan tidak mengandung wewangian merupakan pelembap yang terbaik. Ini adalah bagian terpenting dari perawatan kulit Anda," kata British Skin Foundation.

BACA JUGA: Tatjana Saphira Cuek Kulit Gelap

2. Pakai Sabun Mengandung Pelembap

Ganti sabun dengan yang mengandung pelembap agar kulit bisa lembap saat dibersihkan. Hindari sabun yang dapat menguras minyak alami dari tubuh Anda seperti bubble bath dan shower gel karena dapat mengiritasi kulit.

BACA JUGA: Batasi 3 Makanan ini Untuk Mendapatkan Kulit Sehat

3. Pakai Sarung Tangan Vinyl Saat Bekerja

Mengenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga jadi salah satu cara untuk menghindari iritasi pada kulit. Perlu diperhatikan, cari sarung tangan non-powder dan hindari sarung tangan karet.

4. Kenakan Pakaian Nyaman

Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan lembut dan nyaman seperti katun yang tidak mengiritasi kulit, daripada bahan kasar seperti wol.

5. Jangan Menggaruk

Menggaruk dapat meredakan eksim hanya sebentar saja, tetapi akan membuat kulit lebih gatal dalam jangka panjang. Guna mengatasinya, lembapkan kulit yang gatal tersebut. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Trik Ampuh Merawat Kulit dengan Bahan Alami


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler