Hingga Juni 2024, Jamkrindo Pangkalpinang Bukukan Volume Penjaminan Rp 983 miliar

Rabu, 31 Juli 2024 – 13:00 WIB
PT Jamkrindo. Foto dok Jamkrindo

jpnn.com, PANGKAL PINANG - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) membukukan volume penjaminan pada 2024 hingga Juni 2024 sebesar Rp 983 miliar.

Secara tahunan, volume penjaminan kredit tersebut tumbuh 22%.

BACA JUGA: Jamkrindo Gelar Edukasi Kesehatan Mental di Hari Anak Nasional

Pada periode yang sama, pendapatan imbal jasa penjaminan (IJP) tercatat sebesar Rp 23 miliar, tumbuh 6% secara tahunan.

Adapun, pendapatan subrogasi (peralihan hak tagih dari lembaga keuangan) Rp 2 miliar, tumbuh 7% secara tahunan.

BACA JUGA: BTN Terapkan Tokenisasi DIRE Berbasis Teknologi Blockchain

Pemimpin Cabang Pangkalpinang PT Jamkrindo Dedi Wardhani menuturkan, porsi terbesar volume penjaminan Jamkrindo Cabang Pangkalpinang adalah penjaminan program pemerintah yakni kredit usaha rakyat (KUR) yang pada Juni 2024 sebesar Rp 432,8 miliar, tumbuh 65%.

”Selain penjaminan KUR, kami juga memiliki line of business suretyship, konsumtif, dan produktif,” ujar Dedi dalam temu media di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Selasa (30/7).

BACA JUGA: Jamkrindo Beri Bantuan Apresiasi kepada 4 Mantan Atlet Nasional

PT Jamkrindo Cabang Pangkalpinang merupakan unit kerja Jamkrindo di bawah Kantor Wilayah Palembang.

Di Kantor Wilayah Palembang, volume penjaminan pada Juni 2024 tercatat sebesar Rp 28,9 triliun, tumbuh 112% secara tahunan.

Adapun pendapatan IJP sebesar Rp 361 miliar, tumbuh 24% dan pendapatan subrogasi Rp 39 miliar, tumbuh 130%.

”Jamkrindo merupakan perusahaan yang mendukung ekosistem perekonomian nasional, terutama dari sektor riil dengan mendorong kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah,” kata Dedi.

Jamkrindo fokus pada kegiatan bisnis berkelanjutan dengan menerapkan prinsip kehatihatian menggunakan four eyes principles dan three lines of defense, serta peningkatan risk appetite pada seluruh term and condition perjanjian kerja sama seluruh produk penjaminan perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bisnis dapat terus memberi kontribusi pada kinerja perusahaan, sekaligus ikut memberi kontribusi pada perekonomian di sektor riil.

Selain menjalankan bisnis untuk menjaga keberlangsungan perusahaan, Jamkrindo juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan ekonomi yang berhubungan langsungdengan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Di Pangkalpinang, pekan lalu Jamkrindo mendistribusikan bantuan puluhan tas untuk siswa Sekolah Dasar Negeri 4 Merawang sebagai bagian kontribusi Jamkrindo di sektor pendidikan.

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan dalam peringatan hari ulang tahun ke-54 Jamkrindo pada 1 Juli lalu.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler