Hitung Cepat Bikin Panas, Kapolda Keluarkan Imbauan

Kamis, 16 Februari 2017 – 06:16 WIB
Kapolda Banten memberikan konferensi pers terkait pilkada. Foto: Radar Banten

jpnn.com - jpnn.com - Menurut hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, selisih perolehan suara pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dan Rano Karno-Embay Mulya kurang dari 1 persen. Selisih yang sangat tipis itu berpotensi membuat situasi tidak kondusif.

Karena itu, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan imbauan kepada warga untuk tidak berlebihan menyikapi hasil hitung cepat. Dia mengingatkan bahwa hasil hitung cepat lembaga survei bisa berbeda dengan versi KPU nanti.

BACA JUGA: Bang Taufik Terima Banyak Laporan Soal Kecurangan

“Kita tidak boleh underestimate setiap kemungkinan bisa terjadi, karena hasil quick count dengan selisih kecil kami harapkan ini bukan menjadi acuan, saya harapkan kita tetap sama-sama menunggu hasil dari real count di hari-hari mendatang yang secara resmi akan diumumkan oleh KPU secara langsung,” ujar Listyo di Mapolda Banten, Rabu (15/2).

Demi menjaga kondusifitas pascapenyelenggaraan pilgub, Polda Banten akan dibantu personel tambahan yang langsung diterjunkan dari Mabes Polri.

BACA JUGA: Unggul di Pilgub Babel, Erzaldi Sujud Syukur

Masih kata dia, dengan adanya penambahan personel tersebut juga sebagai pagar untuk setiap kemungkinan yang dapat terjadi pascapilgub.

“Masyarakat tidak perlu khawatir silahkan beraktivitas seperti biasa, rencananya kami akan tambah dua kompi dari Brimob,” katanya.

BACA JUGA: Umar-Oki Menang Lawan Kotak Kosong

Selain itu, terkait adanya OTT dan kasus money politic, yang diduga dilakukan oleh salah satu pasangan calon, pihaknya akan menyerahkan kasus tersebut terlebih dahulu kepada Bawaslu.

“Oiya kasus money politik yang sudah kita ketahui, kami akan serahkan ke Bawaslu dahulu, nanti baru kita proses,” katanya.

Seperti diketahui, hitung cepat LSI dan Indikator Politik Indonesia menempatkan pasangan Wahidin-Andika unggul tipis atas Rano-Embay

Meski kedua hitung cepat tersebut bukan hasil resmi dan masih sangat mungkin meleset, tak menghentikan calon Gubernur Wahidin Halim untuk bersikap jumawa.

Dengan cepat dia membuat klaim sebagai pemenang dan meminta Rano-Embay ikhlas menerima hasil.

"Kita menyatakan menang berdasarkan survei berdasarkan quick count tiga tv nasional. Salam kepada Pak Rano dan Pak Embay untuk legowo. Pada prinsipnya kita menikmati kemenangan dulu,” kata WH, Rabu (15/2). (Wirda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Keinginan Umar-Fauzi Pecahkan Rekor Jokowi Terwujud


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler