Hmm, Lezatnya Kuliner Serba Bebek di CWS Hotel

Kamis, 19 Juli 2018 – 08:24 WIB
Chef Indra menunjukkan kreasi olahan bebek serta dessert terbaru. FOTO : JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Siapa yang menyangsikan kelezatan menu berbahan dasar bebek? Hmmm, dagingnya yang bertekstur kenyal cocok untuk diolah dengan beragam cara. Tidak hanya digoreng lantas dinikmati dengan sambal saja. Chef Indra Herawan dari hotel Ciputra World Surabaya mencoba membuktikannya.

Dari tangan kreatifnya, Executive Chef itu meracik tiga menu bebek yang dikreasikan menjadi salad, sup, dan panggang. Nama-namanya adalah Slow Duck Braised Salad; Duck Soup with Tofu, Carrot, Mushroom, Tomato, and Cucumber; serta Grilled Duck Confit served with Mashed Potato and Vegetable String Bean.

BACA JUGA: Mal pun Ikut Demam Bola

Untuk menu duck soup, Chef yang lama berkarir di Timur Tengah itu menggunakan duck consome atau kaldu bebek yang sudah di-infuse dengan bubuk green tea. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis. Green tea? Ya bubuk teh hijau itulah yang digunakan. ”Bagi saya green tea lebih efektif menghilangkan amis ketimbang lemon atau jeruk nipis. Citarasa pun tidak lantas akan berubah dengan bubuk ini,” jelasnya.

Satu alasan lain mengapa Chef Indra menggunakan green tea adalah mampu memberikan manfaat lebih bagi kesehatan. ”Karena seperti kita ketahui, teh hijau itu kan kaya akan kandungan gizi yang baik bagi tubuh,” jelas dia.

BACA JUGA: Ciputra World Tawarkan Unit Khusus Beauty and Wellness

Lalu untuk menu Grilled Duck Confit, ada dua cara memasak yang digunakan. Pertama bebek dimasak dengan cara slow cook selama tiga jam dalam minyak panas, baru setelah itu dipanggang untuk memunculkan warna cokelat keemasan. ”Tujuannya supaya daging bebek lebih lembut namun renyah saat disantap,” jelasnya.

Sebagai pelengkap, bumbu yang digunakan untuk menu ini cukup kompleks. Mulai dari bay leaves, thyme, aromatic herbs, colve, dan sedikit kulit jeruk. ”Hmmm, rasanya kaya banget ya. Sesuatu yang baru tapi enak banget,” puji salah satu pengunjung, Amar Ramadhan.

BACA JUGA: Oalah, Ternyata Ini Santapan Favorit Pak Jokowi setiap Kunjungi Bali

Selain menyajikan menu serba bebek, Chef Indra juga mengenalkan menu-menu appetizer dan dessert terbaru. Seperti mini chicken burger with squid ink bun dan pistachio orange dacquoise. (JPNN/pda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Komoditas Membaik, Permintaan Apartemen Premium Naik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler