HNW Sesalkan Masih Ada Islamophobia dan Indonesiaphobia

Jumat, 02 April 2021 – 18:01 WIB
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Hidayat Nur Wahid (HNW) menerima aspirasi dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Hidayat Nur Wahid (HNW) menerima aspirasi dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Aspirasi itu, disampaikan pada pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar, kerja sama MPR dengan Jaringan Komunikasi Masjid dan Musholla (JARKOMM) Pejaten Timur di Jakarta, Selasa (16/3).

BACA JUGA: KLB Deli Serdang ditolak, Wakil Ketua MPR Sebut Kebenaran dan Demokrasi Pilihan Pemerintah

Salah satu aspirasi, itu disampaikan oleh Pembina JARKOMM Pejaten Timur K. H. Endang Darwis yang meminta HNW untuk ikut menjaga tiga pilar yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Menurut Endang tiga pilar yang diajarkan Rasulullah SAW bisa menjadikan bangsa Indonesia terhindar dari disintegrasi.

BACA JUGA: Ketua MPR: Pengembangan Pariwisata Danau Toba harus Berpihak Kepada UMKM

“Tiga pilar yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW ini bila ditabrak akan menimbulkan disintegrasi atau pemusnahaan bangsa,” ujar Endang Darwis.

Tiga pilar itu adalah, pertama, orang-orang yang berilmu tidak menggunakan ilmunya secara baik, tetapi justru menjadi penjilat. “Coba lihat sekarang, garong-garong negara itu orang berilmu atau orang bodoh? Mereka bukan hanya menjadi penjilat negara, tetapi juga menjadi penjilat agama,” kata Endang Darwis lagi.

BACA JUGA: Bamsoet Undi Giveaway Putaran Ke-24 dalam Rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR

Kedua, negara tidak bisa mengurus kemaksiatan, sehingga kemaksiatan tersebut menjadi semakin merajalela.

“Karena sekarang orang tidak takut kepada hukum Allah, apalagi terhadap hukum manusia. Kita kemarin juga mendengar terkait legalisasi investasi minuman keras (miras),” ujarnya.

Ketiga, penegak hukum justru menjadi pelanggar hukum itu sendiri.

“Ini juga tanda suatu negara akan terjadi disintegrasi atau hancurnya negara. Ketika orang yang berilmu, keluarga atau orang dekatnya bersalah, tapi hukum tidak menyentuh. Tapi, kalau ada orang yang dibenci atau orang miskin bersalah, hukum justru ditegakkan setegak-tegaknya,” tambah Kyai Endang.

Lebih lanjut, Kyai Endang menambahkan bahwa umat Islam di Indonesia harus benar-benar terlibat dan menjamin agar Indonesia terus eksis. Termasuk bila terdapat upaya membawa Indonesia ke arah yang tidak tepat, dan perlu dikoreksi.

Menerima aspirasi tersebut, HNW sepakat dengan Kyai Endang. Sosialisasi empat Pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Dia menyebutkan, salah satunya bertujuan untuk mengingatkan peran Umat Islam yang besar dalam menciptakan tiga pilar tersebut yang sangat relevan dengan empat pilar MPR RI.

“Sambutan yang disampaikan oleh Kyai Endang tersebut sudah sangat lengkap, sudah seperti Muqadimah-nya Ibnu Khaldun,” selorohnya.

HNW menyatakan, Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini kerap dilakukan kepada seluruh komponen bangsa, juga kepada simpul-simpul umat Islam di Indonesia, untuk mengingat kembali peran dan jasa para ulama dan umara dalam menghadirkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Jadi, Umat Islam sudah dan dapat berkontribusi positif bagi Indonesia, karena masih ada segelintir pihak yang salah paham sehingga antipati pada umat Islam, mereka jadi islamophobia, tapi disayangkan ada juga segelintir umat yang mengkafirkan dan membid’ahkan Indonesia, mereka menjadi Indonesiaphobia," kata dia.

Padahal, menurut dia, jelas sekali peran dan jasa umat Islam untuk hadirnya Pancasila, NKRI dan mempertahankan Indonesia Merdeka.

"Peran yang harus terus menerus dijaga dan dikawal oleh Umat Islam, melalui pengenalan yang baik dan benar akan peran mensejarah Umat Islam untuk Kejayaan Indonesia,” pungkas HNW. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler