Hodgson Sesumbar Bawa Inggris Juara

Jumat, 23 Mei 2014 – 06:50 WIB
Roy Hodgson Sesumbar Bawa Inggris Juara. Getty Images

jpnn.com - TIMNAS Inggris memang selalu jadi favorit dalam setiap turnamen sepakbola besar, macam Piala Eropa dan Piala Dunia. Namun, mereka justru sering kandas di babak awal. Nah, bermodal persiapan bagus dan skuad mumpuni pilihannya, pelatih The Three Lions, Roy Hodgson menegaskan. Jika timnya ingin jadi juara di PD Brasil 2014, mereka harus memiliki tekad dan keyakinan terlebih dulu.

Perlu diketahui, kendati dikenal sebagai negara penemu sepak bola, serta memiliki kompetisi yang disebut terbaik dan termahal di dunia (EPL), Inggris baru sekali memenangkan Piala Dunia, yakni ketika jadi tuan rumah pada 1966. Itulah satu-satunya turnamen besar yang dimenangi Inggris dan sejak saat itu, mereka bahkan tak pernah lolos ke final, baik Piala Dunia maupun Piala Eropa.

BACA JUGA: Janji Lionel Messi di Piala Dunia 2014

Pencapaian itu, membuat sebagian masyarakat Inggris tak bisa percaya lagi apakah tim mereka bisa menjadi juara dunia lagi. Pencapaian terbaik terakhir The Three Lions adalah babak semifinal, yang terjadi di Piala Dunia 1990 dan Euro 1996. Keraguan itu bisa kembali terulang di PD Brasil 2014. Apalagi pada edisi sebelumnya di PD 2010 Afrika Selatan, tim Tiga Singa kandas di babak 16 besar setelah digasak Jerman 1-4.

Belum lagi di Brasil nanti mereka berada di grup maut (Grup D) bersama dua tim juara dunia, Italia dan Uruguay serta Kosta Rika.

BACA JUGA: Belanda, Langganan Final yang Tak Pernah Juara

”Saya tidak mengesampingkan (kesempatan) untuk juara. Bisakah kami bermain bagus (di PD 2014)? Akan bodoh kalau kita berangkat ke sana dan berpikir tidak akan memenangkannya atau cuma jadi tim pelengkap,” sembur Hodgson seperti dilansir Sky Sports.

”Kami punya harapan, mimpi dan ambisi. Tapi untuk melakukannya dengan baik, kami harus tampil lebih baik ketimbang lawan-lawan kita. Semua pemain mesti menjaga reputasi mereka, karena mereka layak menyandang semua reputasi besar itu. Semua tergantung mereka dan juga kami tim pelatih untuk memastikan bisa mencapainya,” tandas pelatih berusia 66 tahun itu.

BACA JUGA: Suarez Lebih Berpengaruh dibanding Messi

Hal itu juga diamini oleh kiper utama Inggris, Joe Hart yang musim ini ikut berjasa mengantar klubnya (Manchester City) merebut trofi EPL plus Piala Liga. ”Cuaca akan panas di sana (Brasil). Tapi kami akan mempersiapkan diri di Algarve dan Miami. Italia dan Uruguay jadi lawan yang tangguh. Semua laga grup akan sulit, ditambah dengan cuaca, ini bukan hal mudah. Kami tak punya pilihan selain menghadapinya. Anda tak bisa berangkat dengan sikap menerima kegagalan atau kekalahan,” koar Joe Hart. (sbn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalahkan Indonesia, India Cetak Sejarah di Uber Cup


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler