Suarez Lebih Berpengaruh dibanding Messi

Jumat, 23 Mei 2014 – 03:44 WIB
Luis Suarez. Foto: the guardian

jpnn.com - INI alasan lain mengapa kalau sampai Luis Suarez benar-benar tak bisa tampil di Piala Dunia 2014 karena cedera lutut, jagat sepak bola bakal rugi besar.

Kemarin, penyerang Liverpool itu memuncaki daftar 50 pemain paling berpengaruh di Eropa alias "Power 50" yang disusun Bloomberg Sports.

BACA JUGA: Kalahkan Indonesia, India Cetak Sejarah di Uber Cup

Suarez mengungguli dua pemain yang selama beberapa tahun terakhir bergantian menjadi pemain terbaik dunia, Lionel Messi (peringkat ke-2) dan Cristiano Ronaldo (4). Superstar Paris Saint-Germain (PSG) Zlatan Ibrahimovic menduduki tempat ketiga.

Bloomberg menyusun daftar tersebut berdasarkan penampilan para pemain sepanjang musim 2013-2014 di lima liga terbaik Eropa: Premier League Inggris, Serie A Italia, Primera Division Spanyol, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Prancis. Bloomberg mengklaim daftar tersebut sangat saintifik.

BACA JUGA: Balotelli Dibully, Latihan Italia Dijaga Polisi

"Kami menyusun daftar ini dengan sekaligus mempertimbangkan tanggung jawab tiap pemain dalam bertahan dan menyerang. Juga, kekuatan lawan yang dihadapi," terang Bloomberg dalam rilisnya, seperti dikutip Daily Mail.

Alhasil, Suarez yang menjadi top scorer Premier League musim lalu dengan 31 gol itu berada di puncak dengan indeks 86,02. Disusul Messi dengan 85,43, dan Zlatan Ibrahimovic yang mencatat indeks 84,91.

BACA JUGA: Simon Loloskan Tim Thomas Indonesia ke Semifinal

Suarez yang nyaris membawa Liverpool juara liga untuk kali pertama dalam 24 tahun itu memang dikenal sebagai pemain dengan daya jelajah tinggi. Sebagai penyerang, dia tak segan turut membantu pertahanan dengan turun jauh sampai ke kotak penalti sendiri.

Yang juga patut digarisbawahi dari daftar ini adalah keberhasilan Southampton menempatkan tiga nama, yakni Dejan Lovren, Jose Fonte, dan Rickie Lambert. Bandingkan dengan Manchester United yang hanya terwakili oleh Wayne Rooney.

Itu pun peringkat Rooney (48) masih di bawah ketiga pemain Southampton tadi. Ironis, pelatih yang membawa Southampton bisa berbicara banyak dalam satu setengah musim terakhir, Mauricino Pochettino, justru dipecat. Sedangkan pemain Inggris dengan ranking tertinggi adalah bek Chelsea Gary Cahill, yaitu di posisi ke-36. (ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim Uber Kandas di Perempat Final, Ini Kata Greysia/Nitya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler