Honorer Boleh Mendaftar CPNS 2024, Jangan Lupa Ada PPPK Paruh Waktu

Rabu, 04 September 2024 – 07:07 WIB
Honorer yang memenuhi syarat bisa mendaftar CPNS 2024, tetapi peluang lebih besar jika ikut seleksi PPPK 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) termasuk salah satu instansi yang membuka pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024.

Para honorer yang usianya belum melampaui 35 tahun, masih bisa ikut mendaftar seleksi CPNS 2024.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Upaya Memperjuangkan Nasib Honorer jadi PPPK Dikabulkan Allah

Bagi honorer yang sudah tidak memenuhi persyaratan mendaftar CPNS, punya kesempatan ikut seleksi PPPK 2024.

Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian BKD Provinsi Kalsel Muhammad Randi menyampaikan saran untuk para honorer.

BACA JUGA: DPR Kontrak 5 Tahun Saja Dikasih Pensiun, Kapan PPPK Setara PNS? 

Dia mengatakan, peserta seleksi CPNS yang tidak lolos pada tahap verifikasi berkas tidak bisa mendaftarkan kembali atau mengikuti seleksi PPPK pada periode tahun anggaran yang sama.

Dengan demikian, jika ada honorer yang mendaftar seleksi CPNS 2024, tetapi sudah gagal pada tahapan seleksi administrasi persyaratan, maka tidak bisa melamar PPPK 2024.

BACA JUGA: Audit Kendor, Peluang Honorer Bodong jadi PPPK 2024 Tetap Menganga

Secara khusus, dia mengingatkan kepada para honorer yang sudah masuk database BKN, agar mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan ikut seleksi CPNS.

Pasalnya, non-ASN yang terdata pada database BKN akan menjadi prioritas saat seleksi PPPK 2024.

Bahkan, lanjutnya, peserta yang tidak lulus seleksi kompetensi PPPK masih bisa dipertimbangkan menjadi PPPK Paruh Waktu.

Namun, Randi menyampaikan bahwa informasi mengenai mekanisme pengangkatan, hak dan kewajiban PPPK Paruh Waktu masih menunggu regulasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Untuk itu, Randi menyarankan honorer yang ragu-ragu mendaftar CPNS lebih baik menunggu seleksi PPPK karena memiliki peluang cukup besar.

Randi juga menjelaskan bahwa peserta seleksi CPNS yang tidak memenuhi syarat masih memiliki harapan pada masa sanggah. Namun, hanya berlaku jika ada kesalahan dari panitia seleksi.

"Jadi diimbau agar memperhatikan baik-baik sebelum melakukan unggah data di website SSCASN," tutur Randi di Banjarbaru, Selasa (3/9). (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler