Horeee... Pemegang KJP Bisa Naik Transjakarta Gratis

Minggu, 16 Agustus 2015 – 23:41 WIB

jpnn.com - JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan memulai program gratis naik Transjakar‎ta bagi para siswa-siswi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP). Program itu mulai dilaksanakan Agustus ini.

"‎Kami memulai suatu program yang akan didukung terus menerus oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yaitu "Naik Bus Transjakarta Gratis Bagi Pelajar Pemegang Kartu Jakarta Pintar"," ucap Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih di Jakarta, Minggu (16/8).

BACA JUGA: Ingat Ya! Khusus Besok Rute Transjakarta Dimodifikasi

Ia mengatakan, PT Transjakarta akan mulai menerapkan program itu pada 24 Agustus 2015. Namun, penerapannya belum dilakukan di seluruh koridor. Sehingga, bisa dikaji risiko‎ pengurangan daya angkut bagi masyarakat pengguna Transjakarta.

‎Kosasih menjelaskan, PT Transjakarta akan melakukan simulasi dan persiapan terkait program tersebut. Pasalnya, program itu akan diterapkan terus menerus pada hari sekolah dan jam sekolah.

BACA JUGA: Ahok: Enggak Sampai Berdarah-darah...

‎"Mulai tanggal 18-21 Agustus ini kami akan melakukan simulasi dan perhitungan kapasitas angkut kami untuk dapat mengangkut para pelajar pemegang KJP tanpa mengorbankan layanan kami kepada masyarakat luas yang selama ini telah menggunakan jasa layanan Transjakarta," ungkapnya.

Kosasih berharap, penerapan program "Naik Bus Transjakarta Gratis Bagi Pelajar Pemegang Kartu Jakarta Pintar‎" akan berlangsung lebih baik dibanding ketika dijajal pada kegiatan pameran buku di Senayan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Menarik Nih Hitungan Koh Ahok, HUT RI Tahun Ini Istimewa

"‎Karena saat pameran buku, selama sembilan hari pameran hanya sebanyak total 30.218 pelajar dan orangtua pendamping yang menikmati layanan gratis Transjakarta. Sementara, begitu layanan ini kami mulai, maka sekitar 450.000 pelajar pemegang KJP akan langsung bisa menikmati layanan angkutan umum gratis di bawah manajemen Transjakarta," tutur Kosasih.

Ia mengungkapkan, PT Transjakarta akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan DKI Terkait penerapan program‎ "Naik Bus Transjakarta Gratis Bagi Pelajar Pemegang Kartu Jakarta Pintar"‎. Langkah itu ditempuh untuk mengetahui sebaran pelajar pemegang KJP di sekolah-sekolah yang berada di sekitar koridor busway.

Untuk naik bus Transjakarta dengan gratis, Kosasih menyatakan, pelajar harus memiliki KJP dan Kartu Pelajar yang sesuai namanya dengan KJP.‎ Kemudian, pelajar harus mengenakan seragam sekolahnya. ‎Terakhir, PT Transjakarta hanya akan menyediakan layanan gratis bagi para pelajar pemegang KJP pada jam berangkat dan pulang sekolah.

Ke depannya, Kosasih menambahkan, PT Transjakarta akan bekerjasama dengan Bank DKI selaku bank penerbit KJP supaya para pelajar pemegang KJP bisa melakukan tapping secara elektronik di halte Transjakarta. Untuk bisa mewujudkan hal itu, diperlukan jenis kartu combo yang membutuhkan sistem dan jaringan teknologi baru.

Sistem teknologi itu sedang dibangun oleh Bank DKI selaku project leader yang telah ditunjuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Secara teknologi kami siap melakukan hal ini. Kami juga bertekad menambah daya angkut kami untuk meningkatkan layanan kami yang akan semakin dibutuhkan jika program bus gratis bagi pelajar pemegang KJP ini dijalankan," tandas Kosasih.(gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok Bilang Merdeka Bukan Milik PDIP, Wagub Djarot Tertawa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler