Hormati Ratu Elizabeth, Nama Big Ben Diganti

Minggu, 03 Juni 2012 – 12:01 WIB

LONDON  - Jam raksasa berjuluk Big Ben yang telah lama menjadi ikon terkenal kota London, Inggris akan segera berganti nama. Sebagai rangkaian peringatan ulang tahun berlian (diamond jubilee) pemerintahan Ratu Elizabeth II, bangunan berbentuk menara tersebut untuk selanjutnya akan berganti nama menjadi Elizabeth Tower.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron merupakan satu dari 331 legislator yang telah menandatangani petisi atas gagasan penghormatan bagi sang ratu yang telah bertahta selama 60 tahun tersebut. Ratu Elizabeth II merupakan penguasa monarkhi terlama kedua di Inggris.

Sejauh ini Ratu Victoria masih tercatat sebagai penguasa monarkhi terlama (64 tahun) di Inggris. Victoria yang naik takhta pada 1837, wafat pada 1901 dalam usia 81 tahun.

Selain itu, Ratu Elizabeth II juga tercatat sebagai penguasa monarkhi terlama kedua di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Dia ’’hanya kalah’’ dari Raja Bhumibol Adulyadej, 84, dari Thailand yang berkuasa sejak 9 Juni 1946 hingga kini (65 tahun).

Menara jam Big Ben sendiri berlokasi di komplek gedung parlemen Inggris. Sebelumnya, saat Ratu Victoria merayakan diamond jubilee-nya tahun 1897 silam, salah satu menara gedung Houses of Parliament juga diganti namanya sesuai dengan nama sang ratu.

“Sungguh menyenangkan melihat begitu banyak anggota parlemen yang mendukung gagasan pemberian penghormatan ini kepada Sang Ratu. Semoga rencana ini berjalan dengan lancar,” kata Cameron, sebagaimana dilansir AFP dari Daily Mail Sabtu (2/6).

Menara setinggi 96 meter ini sebelumnya dikenal dengan nama resmi The Clock Tower. Namun banyak orang lebih mengenalnya dengan nama Big Ben karena kerasnya suara dentuman loncengnya yang muncul setiap jam.

Para legislator sepakat menara jam ikonik tersebut akan tetap dikenal sebagai Big Ben. Hanya saja, nama resminya akan berubah untuk menghormati Ratu Elizabeth.
 
Komisi Dewan Umum atau House of Commons Commission –yang mengepalai DPR Inggris- akan mengadakan pertemuan khusus pada akhir Juni ini untuk mengesahkan keputusan tentang perubahan nama Big Ben tersebut.(AFP/ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Husni Mubarak Divonis Seumur Hidup


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler