Hujan Deras Angin Kencang, 13 Rumah Warga Rusak Parah

Senin, 19 Maret 2018 – 00:55 WIB
Rumah seorang warga Desa Demangan, Siman, rusak usai tertimpa pohon. Foto: Asta Yanuar/Radar Ponorogo/JPNN.com

jpnn.com, PONOROGO - Wilayah Kecamatan Siman, Ponorogo, Jatim, diguyur hujan deras disertai angin kencang.

Paling parah Desa Kepuh Rubuh dan Demangan. Itu terjadi setelah sejumlah pohon roboh menimpa rumah warga dan sempat memutuskan jaringan listrik.

BACA JUGA: Diterjang Angin Kencang, 14 Rumah Rusak Berat

Pantauan Radar Ponorogo (Jawa Pos Group), sedikitnya 13 rumah warga rusak akibat amukan angin kencang di dua desa tersebut.

Kerusakan cukup parah kebanyakan pada bagian atap. Tak hanya itu, dua rumah warga tertimpa pohon. Salah satunya tempat tinggal Sugianto di Desa Demangan.

BACA JUGA: Dua Tanggul di Bekasi Jebol Diterjang Banjir

Bagian dapur rumah pria 43 tahun itu yang dipakai untuk budi daya jamur rusak akibat tertimpa pohon asam. Beruntung, tidak ada korban jiwa saat musibah terjadi.

Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta. ‘’Saat kejadian kami sekeluarga berada di ruang tengah,’’ kata Sugianto, Minggu (18/3).

BACA JUGA: Waspada! Hujan Deras Hingga Akhir Februari

Nahas serupa menimpa bangunan Polindes Kepuh Rubuh. Bagian atap layanan kesehatan itu rusak usai tertimpa pohon yang tumbang akibat diterjang angin kencang pada Sabtu lalu (17/3) tersebut.

Dampaknya, pelayanan kesehatan kepada pengunjung sempat terganggu. Pun aliran listrik di wilayah itu padam beberapa saat.

Angin kencang juga sempat membuat akses jalan alternatif Ponorogo-Trenggalek tersendat lantaran sejumlah pohon roboh ke jalan.

Arus lalu lintas jalan kabupaten tersebut baru kembali normal setelah warga membersihkan batang pohon yang melintang di badan jalan.

Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo Imam Basori mengimbau warga lebih waspada. Terutama mereka yang tinggal di daerah perbukitan dan dekat pohon tua yang sudah keropos.

‘’Hujan disertai angin kencang kemungkinan masih berlangsung dalam beberapa hari ke depan,’’ terangnya. (her/c1/isd)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gempa Besar Robohkan Rumah Warga Garut


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler