Hujan & Petir Tak Patahkan Semangat Polri Sampaikan Pesan Pemilu Damai ke Wilayah Terluar Dumai

Sabtu, 16 Desember 2023 – 21:33 WIB
Rombongan Polres Dumai diguyur hujan lebat saat menuju ke Kelurahan Batu Teritib, untuk menyampaikan pesan pemilu damai. Foto:Polres Dumai.

jpnn.com - KAPOLRES Dumai AKBP Dhovan Oktavianton dan timnya tetap semangat menyampaikan pesan pemilihan umum damai ke wilayah terluar Kota Dumai, meski diterpa hujan, angin, dan petir.

Rizki Ganda Marito, Dumai

BACA JUGA: 4 Terduga Teroris Riau Rencanakan Teror saat Nataru, Polres Dumai Jadi Target

Sabtu (16/12) pagi, AKBP Dhovan bersama jajaran pejabat Polres Dumai, menyiapkan perlengkapan untuk bergerak ke wilayah terluar Kota Dumai, tepatnya di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan.

Tak hanya dari kepolisian, Wali Kota Dumai Paisal juga ikut bersama AKBP Dhovan menyambangi masyarakat Batu Teritip.

BACA JUGA: Polres Dumai Ungkap 4 Kasus Karhutla Berkat Bantuan Aplikasi DLK

Adapun maksud dan tujuan petinggi-petinggi Kota Dumai itu untuk menyosialisasikan dan menyampaikan pesan damai terkait Pemilu 2024, agar tidak ada perpecahan di tengah masyarakat.

Perjalanan AKBP Dhovan dan tim menggunakan speedboad Satpolair Polres Dumai, karena lokasi yang didatangi harus melalui jalur air.

BACA JUGA: Polres Dumai Buru Pelaku Karhutla di Medang Kampai

Rombongan harus mengarungi sungai dan kanal, untuk tiba di titik terluar Batu Teritip.

Perjalanan juga tidak berjalan mulus, di tengah perjalanan terjadi hujan deras, disertai petir, dan angin kencang.

Tim AKBP Dhovan tidak dapat berteduh karena tidak ada bangunan yang dilalui saat menuju ke Kelurahan Bagu Teritib.

Kondisi itu berlangsung cukup lama, hingga membuat rombongan basah kuyup saat tiba di lokasi.

Namun, semangat tak menjadi surut. AKBP Dhovan dan rombongan tetap bersemangat menyosialisasikan pemilu damai kepada masyarakat.

Di lokasi, masyarakat juga antusias menyambut dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh Tim AKBP Dhovan.

Mantan Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Riau ini mengatakan sengaja jauh-jauh ke lokasi terluar Kota Dumai, untuk berinteraksi langsung dengan warga setempat.

“Kunjungan ini juga dilaksanakan untuk melihat dan memahami tentang kondisi riil di wilayah terluar Kota Dumai dan potensi kerawanan geografisnya meliputi jarak, medan, cuaca, dan aksesibilitas," kata AKBP Dhovan.

Hal tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan Polres Dumai dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk mencegah potensi kerawanan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 terutama tahapan distribusi logistik Pemilu 2024.

"Keberhasilan distribusi logistik menjadi kunci utama kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024,” ujarnya.

Bukan hanya sosialisasi, rombongan juga melakukan peninjauan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) terjauh yang berada di Kelurahan Batu Teritip.

Peninjauan tersebut akan menjadi dasar bagi Polres Dumai dalam menentukan pola pengamanan guna meningkatkan pelayanan dan perlindungan di kawasan tersebut.

“Kami juga bersilaturahmi dan berinteraksi langsung dengan warga setempat, mendengarkan berbagai permasalahan, serta menawarkan solusi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kepolisian,” tuturnya.

AKBP Dhovan menambahkan dalam dialog hangat bersama warga, ia juga meminta partisipasi aktif seluruh masyarakat Kelurahan Batu Teritib untuk bersama-sama menciptakan Pemilu Damai 2024.

Serta menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang, pada saat dan pasca-pemungutan suara yang diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

"Mari bersama-sama ciptakan Pemilu Damai 2024 tanpa isu negatif, berita bohong, ujaran kebencuan dan isu sara agar terhindar dari perpecahan serta persatuan dan kesatuan tetap terjaga," kata AKBP Dhovan. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler