HUT Ke-7 Aptrindo, Menhub Sampaikan Harapan Pada Industri Logistik Nasional

Selasa, 08 Maret 2022 – 14:10 WIB
Aptrindo merayakan HUT ke-7, Menhub Budi Karya sampaikan harapan pada industri logistik nasional. Foto: Aptrindo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi peran Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dalam mendukung kelangsungan sistem logistik nasional.

Budi Karya menyebut peran Aptrindo sebagai pilar distribusi barang makin terlihat, terutama saat diterapkannya berbagai pembatasan aktivitas dan perjalanan akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Gerak Cepat, PT Semen Padang Kirim Tim Medis & Logistik ke Lokasi Gempa Pasaman Barat

"Di masa pandemi ini saya yakin Aptrindo akan meningkatkan perannya dalam pendistribusian barang, logistik, dan konsumsi di Indonesia. Karena Aptrindo merupakan salah satu pilar utama yang mendukung sistem logistik nasional," ujar Budi Karya Sumadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (8/3).

Budi Karya berharap kiprah Aptrindo makin berkibat sebagai payung pengusaha truk nasional.

BACA JUGA: Aparat Gabungan Bebaskan Kapal Pengangkut Logistik MotoGP yang Disandera Perompak

"Dapat berkontribusi lebih besar dalam proses pemulihan ekonomi yang tengah berlangsung," ungkapnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai moda transportasi darat masih berkontribusi lebih dari 70 persen pada angkutan barang nasional.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Sebut Tol Binjai-Stabat Hemat Ongkos Logistik 75 Persen

Menurutnya, pengusaha truk dalam mendukung distribusi barang dan aliran rantai pasok kebutuhan harian ke berbagai pelosok negeri.

"Aptrindo memiliki peran penting dalam penguatan rantai pasok yang berfungsi mendorong industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh sebab itu, peran Aptrindo dibutuhkan dalam rangka pemulihan ekonomi, pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif," ucap Sandiaga Uno.

Harapan senada disampaikan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Dia berharap Aptrindo meneruskan kinerja positif selama pandemi, terutama di periode PPKM, dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Eks Ketua Umum BPP HIPMI ini juga berharap peran serta Aptrindo dalam menyukseskan berbagai program pemerintah dalam peningkatan kinerja sektor perhubungan dan perdagangan.

"Aptrindo memiliki peran pendukung dalam mata rantai suplai kebutuhan masyarakat hingga kebutuhan bisnis dan industri nasional," kata Bahlil.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan menyatakan kesiapan Aptrindo untuk mendukung pemulihan ekonomi. Untuk itulah pada peringatan HUT ke-7, Aptrindo memilih tema "Bangkit dan Maju Bersama!"

Aptrindo merupakan rumah para pengusaha truk untuk tumbuh secara inklusif sebagai tulang punggung logistik nasional.

"Saat ini adalah saat yang tepat untuk segera bangkit dan maju bersama," kata Gemilang Tarigan dalam sambutan HUT ke-7 Aptrindo.

Dia menilai, tantangan pengusaha angkutan barang pada pandemi Covid-19 perlu dihadapi dengan koordinasi dan kolaborasi.

Gemilang berharap koordinasi dan komunikasi antarpengusaha truk bisa tetap dipertahankan.

Selain itu, Kerjas ama lintas wilayah dan lintas sektoral maupun lintas pemangku kepentingan perlu ditingkatkan agar target masing-masing pihak bisa tercapai tanpa menimbulkan gejolak antar kepentingan.

"Kami harus mampu menciptakan suasana harmonis dan kondusif sehingga dapat menumbuhkembangkan kerja sama antara pemerintah dan para pengusaha truk yang menguntungkan kedua pihak," urai Gemilang. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler