HUT RI ke-75, Pegadaian Beri Kado Pasar Digital Untuk UMKM

Senin, 17 Agustus 2020 – 12:00 WIB
PT Pegadaian. Foto logo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pegadaian memberikan kado spesial untuk Indonesia dalam bentuk program pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam program ini, Pegadaian bersama Telkom, BRI, PNM, Pertamina, Pupuk Indonesia, Wakita Karya, Wijaya Karya, dan Pembangunan Perumahan berkolaborasi untuk menciptakan ekosistem Pasar Digital UMKM atau PaDi UMKM, Bela Pengadaan, dan Laman UKM.

BACA JUGA: Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Melonjak, Didominasi Generasi Milenial

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan perseroan akan terus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor UMKM.

Selain itu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga telah menunjuk Pegadaian menjadi salah satu dari sembilan perusahaan BUMN yang terlibat dalam pengembangan platform digital tersebut.

BACA JUGA: Tahun Ini Pegadaian Layani Gadai Efek

"Baik PaDi UMKM, Bela Pengadaan, maupun Laman UKM diharapkan mampu mendorong transaksi belanja Pemerintah maupun BUMN khususnya kepada UMKM," ujar Kuswiyoto, Senin (17/8).

PaDi UMKM merupakansebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan perusahaan BUMN untuk mengoptimalkan, mempercepat dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM, serta memperluas dan mempermudah UMKM mendapatkan akses pembiayaan.

BACA JUGA: Simak ini Persyaratan Program Gadai Peduli dari Pegadaian

Pegadaian telah mendaftarkan lebih dari 8.200 UMKM yang merupakan vendor dan juga mitra binaan Pegadaian ke dalam platform PaDi.

“Kami mencoba untuk memulai dari langkah kecil dengan membantu para UMKM yang merupakan vendor dan mitra binaan Pegadaian untuk mendapatkan akses dan jangkauan pasar yang jauh lebih luas melalui PaDi UMKM," tutur Kuswiyoto.

Pegadaian merupakan bagian dari salah satu perusahaan yang masuk dalam pengembangan platform PaDi. Hal ini karena Pegadaian memiliki kedekatan kepada setiap komunitas, khususnya memberikan bantuan permodalan untuk masyarakat.

Dalam hal pemberian pembiayaan kepada UMKM melalui PaDi UMKM, Pegadaian menyiapkan produk digital lending yang memberikan pinjaman modal kerja bagi UMKM.

Penyaluran pembiayaan digital berbasis Invoice Financing ini akan dilakukan melalui saluran langsung atau direct digital lending dari Pegadaian kepada UMKM yang telah berbentuk badan usaha dan tergabung dalam platform PaDi milik Kementrian BUMN. 

Invoice yang diterbitkan oleh UMKM dari hasil penjualan ataupun pekerjaan dengan BUMN, dapat dijaminkan ke Pegadaian untuk diberikan pinjaman modal kerja.

Pada tahap tersebut, prosesnya sudah sepenuhnya digital, sehingga UMKM tidak perlu lagi datang ke outlet Pegadaian terdekat untuk memperoleh pinjaman atau modal kerja.

Selain itu Pegadaian juga telah mengajukan ke OJK terkait pengembangan bisnis PaDi UMKM.

"Peran BUMN salah satunya diwujudkan melalui PaDi UMKM ini. Ditambah lagi jika platform tersebut dikoneksikan dengan Bela Pengadaan dan Laman UKM, maka saya yakin akan semakin memperluas ekosistem bagi UMKM,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir yang juga ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Karena itu, demi membantu sektor UMKM, perusahaan BUMN diminta agar belanja sampai Rp14 miliar yang diprioritaskan pada sektor UMKM. Melalui adanya platform digital PaDi UMKM, tentunya akan memudahkan BUMN untuk berinteraksi langsung dengan para pelaku UMKM.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler