IAPI Lantik Pengurus Forum Akuntan Investigator Indonesia

Kamis, 05 Oktober 2023 – 16:24 WIB
Jajaran pengurus FAIr IAPI yang dilantik di Jakarta, Kamis (5/10/2023). Foto: dokumen IAPI

jpnn.com, JAKARTA - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menggelar pelantikan pengurus Forum Akuntan Investigator Indonesia (FAIr) di Jakarta, Kamis (5/10).

Pengukuhan kepengurusan FAIr menjadi tonggak sejarah perjalanan IAPI dalam mendukung dan memajukan bidang akuntan investigator tanah air.

BACA JUGA: IAPI Mendorong Anak Muda Jadi Akuntan Publik Berkualitas

Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja mengatakan dalam merespons kebutuhan dunia usaha, lembaganya terus fokus mendukung akuntan publik dalam perluasan jasa, antara lain membuka sertifikasi jasa investigasi atau certified professional investigator (CPI).

"Ini bertujuan untuk memastikan integritas dan keandalan informasi keuangan serta membantu mengidentifikasi dalam mengatasi masalah kecurangan atau ketidakpatuhan yang mungkin terjadi," kata Hendang.

BACA JUGA: Bisikan Presiden Jokowi Ini Dinilai Bikin Ganjar Makin Percaya Diri

Sementara itu, Ketua FAIr IAPI Irwanto berharap organisasi yang dia pimpin bakal menjadi kekuatan pendorong pertumbuhan dan perkembangan profesi akuntan investigator di Indonesia.

"IAPI mengakui peran penting akuntan investigator dalam menjamin transparansi dan keadilan dalam dunia bisnis dan hukum,” ujar Irwanto dalam sambutannya di acara yang dihadiri Kepala Bidang Perizinan dan Kepatuhan Profesi Akuntansi Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kementerian Keuangan Triyanto.

BACA JUGA: Seleksi CASN 2023: Instansi Ini Paling Diminati, Jumlah Pelamarnya, Wow

Dia menjelaskan bahwa FAIr IAPI memiliki sejumlah peran penting dalam mengembangkan dan memajukan komunitas akuntan investigator di Indonesia. Di antaranya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas anggota IAPI, sebagai wadah komunikasi dan edukasi, serta menjadi tempat diskusi dan mencari solusi terbaik.

Adapun FAIr diinisiasi dari Komite Jasa Investigasi dan dibentuk untuk dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan profesi akuntan investigator di Indonesia.

Peran akuntan investigator dalam masyarakat dan dunia bisnis makin penting seiring dengan meningkatnya kompleksitas transaksi keuangan dan tantangan hukum.

FAIr IAPI juga diharapkan dapat menjadi sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan seputar investigasi keuangan.

Menurut Irwanto, salah satu fokus utama FAIr adalah memperkuat komunikasi dengan anggota IAPI pemegang sertifikat CPI, instansi terkait, dan publik terkait dengan jasa investigasi.

"Edukasi tentang peran akuntan investigator dalam mendukung keadilan, transparansi, dan integritas akan menjadi bagian integral dari misi FAIr IAPI," ucapnya

FAIr IAPI juga membentuk struktur kepengurusan yang kuat meliputi berbagai divisi dan bidang strategis, serta didukung oleh dewan pakar yang diketuai Prof Haryono Umar.

"Kami percaya bahwa FAIr IAPI akan memainkan peran penting dalam membantu Indonesia mencapai tingkat keadilan, transparansi, dan integritas yang lebih tinggi dalam dunia bisnis dan hukum," tutur Irwanto.(fat/jpnn)

Susunan Pengurus FAIr IAPI

Ketua Pengurus FAIr : Irwanto
Wakil Ketua Bidang Eksternal: Fontian Munzil
Wakil Ketua Bidang Internal: Mohamad Mahsun
Ketua Bidang Advokasi: Raja Sirait
Ketua Bidang Keanggotaan, Keuangan, dan Database: Adrian Muluk
Ketua Bidang Pengembangan: Didied P. Affandy
Ketua Bidang Humas: Danang Rahmat Surono
Ketua Bidang Hubungan Kelembagaan: Anderson Subri

Ketua Dewan Pakar FAIr: Prof Haryono Umar

Anggota Dewan Pakar FAIr: Syahrul Machmud, Jan Maringka, Jamaludin Iskak, Basyiruddin Nur, Handoko Tomo, Kukuh Budianto, Kumalahadi, Sapuan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler