Ibas Dorong Pertanian Mandiri lewat Program Unit Pengolahan Pupuk Organik

Rabu, 18 Januari 2023 – 17:08 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono mengawal langsung bantuan Program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO). Foto: Dok Demokrat

jpnn.com, PACITAN - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono mengawal langsung bantuan Program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) untuk pertanian di dapilnya, salah satunya di Desa Sempu, Nawangan, Pacitan, Jawa Timur.

Program UPPO adalah suatu usaha untuk membantu para petani lebih mandiri dalam menyediakan fasilitas pengolahan pupuk organik.

BACA JUGA: Pertanian dengan Pupuk Organik Menjaga Ekosistem Alam dan Ciptakan Pangan Sehat

Seperti diketahui, pupuk menjadi bahan pokok yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Tingginya permintaan pupuk di seluruh wilayah menyebabkan beberapa jenis pupuk mengalami kelangkaan, terutama pupuk bersubsidi.

Ibas memandang Program UPPO juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan Ibas dalam kunjungannya Senin (16/1).

BACA JUGA: Gelar Pelatihan Pertanian & Pembuatan Pupuk Organik, GMC di Mempawah Sosialisasikan Ganjar Jadi Presiden

“Hasil pertanian memang yang utama, tetapi ada potensi lain salah satunya peternakan sapi yang bisa terus dikembangkan dan diperjualbelikan untuk menambah pemasukan masyarakat. Tidak hanya peternakan yang dikembangkan, tetapi bagaimana peternakan itu juga diberdayakan bermanfaat untuk pertanian kembali,” kata Ibas dalam keterangan yang dikutip, di Jakarta, Rabu (18/1).

Dia menjelaskan kotoran-kotoran ternak bisa diolah menjadi pupuk organik, ini bisa menjadi solusi di tengah sulitnya dan mahalnya harga pupuk.

BACA JUGA: Ahli Pertanian Mengingatkan Petani agar Memakai Pupuk Organik

"Penggunaan pupuk organik membuat hasil pertanian lebih sehat, lebih bagus hasil dan kualitasnya, sehingga berpengaruh juga harga jualnya jadi lebih tinggi,” sambungnya.

Pupuk organik memiliki banyak manfaat yang dapat mempengaruhi kualitas hasil panen. Pupuk organik memiliki unsur mikro yang lebih lengkap dibanding pupuk anorganik.

Pupuk organik juga akan memberikan kehidupan mikroorganisme tanah yang selama ini menjadi sahabat petani dengan lebih baik. Selain itu, membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan struktur tanah pada akar-akar tanaman.

Kepala Desa Sempu Sunarto menyambut baik bantuan yang diberikan Ibas kepada para kelompok tani desa.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari Mas Ibas hari ini. Kami berharap bantuan yang diberikan mudah-mudahan bisa bermanfaat ke depannya. Semoga juga bisa terus bekerja sama mewujudkan aspirasi-aspirasi masyarakat, khususnya para warga Desa Sempu,” tuturnya.

Ketua Kelompok Tani Desa Sempu Mashudi juga mengucapkan rasa syukurnya.

Sebab, dalam satu kali pengolahan UPPO menghasilkan satu ton pupuk.

pemanfaatan pupuk organik ini juga bisa mengembalikan pH tanah, yang semula terlalu rendah karena efek pupuk kimia dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Jadi kami sekali lagi ingin mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas terobosan-terobosan yang diberikan Mas Ibas. Semoga apa yang kami dapatkan ini benar-benar bisa kami manfaatkan semaksimal mungkin,” pungkas Mashudi. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ibas   Pupuk Organik   Pupuk   pertanian   petani  

Terpopuler