IKAPPI Sebut Pengendalian Harga Cabai Tak Cukup Hanya dengan Menanam di Polybag

Selasa, 07 November 2023 – 12:32 WIB
Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan solusi dari Tito tersebut kurang tepat. Foto cabai: Elvi R/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta agar masyarakat menanam cabai di dalam polybag.

Hal itu sebagai salah satu langkah pengendalian inflasi karena harga cabai yang meningkat.

BACA JUGA: Aduh, Harga Cabai Rawit Jenis Ini Meroket

Menanggapi pernyataan Tito, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan solusi dari Tito tersebut kurang tepat.

“Saya pikir tidak ya, karena butuh proses menanam (di polybag) itu tidak instan hari ini tanam besok tumbuh bukan begitu,” ucap Mansuri saat dihubungi JPNN, Selasa (7/11).

BACA JUGA: Rakor Inflasi, Tito Karnavian Minta Masyarakat Tanam Cabai di Polybag

Menurut dia, peran pemerintah justru harus mendorong dan memaksimalkan penguatan petani cabai ini bukan melakukan tanam dengan polybag.

“Itu baik, silakan saja ke depan, tetapi untuk saat ini bagaimana solusi untuk yang sedang dihadapi pedagang, ini yang harus dipikirkan oleh kementerian terkait,” tuturnya.

Adapun, Mansuri mengaku telah menyampaikan kepada Kepala Badan Pangan dan Kementerian Perdagangan terkait solusi yang mesti secepatnya diambil.

“Saat ini yang bisa dilakukan adalah mendistribusikan cabai dari wilayah-wilayah yang lebih (banyak stok) ke wilayah yang kekurangan seperti Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan seterusnya,” kata dia.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian menyoroti kenaikan harga cabai dan beras.

Mendagri meminta pemerintah daerah (pemda) melakukan langkah pengendalian inflasi saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang dirangkaikan dengan Penyerahan Insentif Fiskal dalam Pengendalian Inflasi Daerah Periode Ke-3 Tahun 2023.

Tito meminta petani melakukan gerakan menanam agar produksi cabai meningkat.

Menurut dia, menanam cabai tidak harus bergantung pada musim hujan. Masyarakat bisa menanamnya kapan pun di dalam polybag.

Seperti diketahui, harga cabai makin pedas menjelang akhir tahun 2023. Pedagang di pasar Pal Tugu Depok, Jawa Barat Ucok mengatakan harga cabai naik sejak beberapa hari terakhir. Harga cabai merah keriting Rp 70 ribu per kilogram.

Harga bawang merah Rp 35 ribu per kilogram untuk kualitas satu dan Rp 25 ribu per kilogram untuk kualitas menengah. Harga bawang putih Rp 37 ribu per kilogram. "Hari ini sudah Rp 90 ribu per kilogram, kemarin baru Rp 85 ribu lho untuk cabai rawit setan," ujar Ucok kepada JPNN.com, Jumat (3/11).(mcr4/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
cabai   harga cabai   IKAPPI   beras   cabai rawit  

Terpopuler