Ikhtiar BlueBand Tingkatkan Kemampuan Baking Pelaku UMKM Bakery

Selasa, 11 Juli 2023 – 21:49 WIB
Kompetisi BlueBand Kitchen Master untuk pelaku UMKM. Foto: BlueBand

jpnn.com, JAKARTA - Seiring dengan meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia, terutama bidang bakery dan pastry, BlueBand sukses menggelar kompetisi BlueBand Kitchen Master dalam mendorong kemampuan baking para pelaku bisnis.

Kompetisi telah berlangsung pada 20 Februari – 20 Juni 2023 lalu dengan total partisipan mencapai 500 orang yang berasal dari pelaku bisnis bakery dan pastry di Jabodetabek.

BACA JUGA: Evermos Dukung Digitalisasi UMKM untuk Pemberdayaan Perempuan

Melalui kompetisi BlueBand Kitchen Master, BlueBand memberikan kesempatan bagi para partisipan menunjukkan hasil kreasi baking terbaiknya melalui digital photo competition.

Kompetisi itu terbagi menjadi tiga tahap, pertama BlueBand menerima 500 photo submission yang diunggah oleh para partisipan.

BACA JUGA: Jadi Wadah UMKM Bersatu Tumbuh Bersama, Pegadaian Luncurkan GadePreneur

Selanjutnya, foto terbaik dari partisipan diunggah ke kanal media sosial Facebook untuk dilakukan voting.

Tahap ketiga, 100 foto dengan voting tertinggi akan diundang untuk mengikuti Live Baking Competition.

BACA JUGA: Lewat BLIS, PAN Libatkan UMKM Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

Dalam tahap itu 100 partisipan terbaik akan menyajikan kreasi kue terbaiknya dan akan dinilai langsung oleh dewan juri yang merupakan chef profesional.

Presiden Direktur Upfield Indonesia, Dicky Saelan mengungkapkan, “Setiap hasil olahan kue yang menggunakan produk profesional BlueBand akan mengeluarkan aroma yang nikmat, memberikan rasa gurih yang pas, serta menghasilkan tekstur yang lembut pada hasil pembakarannya."

"Agar lebih meningkatkan loyalitas pelanggan, kami mengajak lebih banyak lagi talenta-talenta di bidang bakery dan pastry melalui kompetisi memasak (baking) terbesar BlueBand Kitchen Master Competition 2023 pada akhir Juni lalu."

Dalam mendukung talenta dan bisnis UMKM, BlueBand juga sekaligus memperkenalkan produk Master Cake Margarine yang kini tersedia dalam kemasan ekonomis 1kg.

“Kami berharap dengan hadirnya kemasan terbaru dari Master Cake Margarine dapat membantu para pelaku bisnis dalam menghindari penggunaan kemasan ulang yang tidak higienis,” tutur Dicky Saelan, dalam keterangannya.

Kompetisi itu dijurikan oleh para chef profesional, yaitu chef Toesyadi (Indonesian Pastry Association), chef Aan Nurhasanah (Indonesian Pastry Association), dan chef Rommy Gunadi (Masterchef Indonesia).

Tak ketinggalan para pakar, Rex Marindo selaku CEO Foodizz dan Ravi Raffaello (Masterchef Indonesia), yang menggelar sesi diskusi (coaching clinic) mengenai perkembangan serta perubahan industri bakery dan pastry pada masa depan.

Berawal dari kompetisi BlueBand Kitchen Master, menuju strategi bisnis yang lebih matang BlueBand Kitchen Master Competition merupakan program yang bertujuan tidak hanya mencari talenta baker terbaik saja, tetapi juga untuk membangun jaringan komunitas operator BlueBand yang lebih solid dan meningkatkan penjualan.

Indonesian Pastry Association, Chef Toesyadi mengatakan, “Bersama dengan para chef profesional yakni Chef Aan Nurhasanah dan Chef Rommy Gunadi, kami sebagai juri menyeleksi secara ketat talenta terbaik di bidang bakery di Indonesia untuk menjadi 3 pemenang BlueBand Kitchen Master 2023."

Ada beberapa aspek yang dinilai, Toesyadi menjelaskan mulai dari Kualitas Produk (Rasa, Tampilan & Aroma), Kreativitas Resep, Potensi Pasar, dan Teknik Memasak.

"Para pemenang yang terpilih akan mendapatkan kesempatan berharga untuk meningkat skill memasak mereka dengan melakukan training 1 on 1 secara langsung bersama para dewan juri," ujarnya.

Ada tiga pemenang dalam kompetisi tersebut.

Pemenang pertama diraih Widya Kurniati, yang berhasil mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 30 juta rupiah, Kitchenaid KSM150PSER Artisan Tilt-Head Stand Mixer, co-branding serta dukungan penuh dari BlueBand selama satu tahun.

Pemenang kedua diisi Puguh Kristanto, yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15 juta, co-branding serta merchandise dari BlueBand.

Pemenang ketiga diraih Diana Rosalia, yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10 juta serta co-branding dengan BlueBand. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Sebut UMKM Jawa Tengah Terus Lebarkan Sayap ke Kancah Internasional


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler