Ikhtiar Gerry Salim Comeback ke Lintasan Balap Pascakecelakaan di ARRC Jepang

Senin, 13 November 2023 – 17:47 WIB
Pembalap Indonesia Astra Honda Racing Team (AHRT), Gerry Salim. Foto: AHM

jpnn.com, JAKARTA - Gerry Salim sedang dalam masa pemulihan pascakecelakaan di FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) di Sirkuit Sugo, Jepang, Juni lalu.

Rider yang berlaga kelas Supersport 600 cc itu sedang berjuang memulihkan kondisi tubuhnya agar bisa sesegera mungkin kembali berada di lintasan balap. 

BACA JUGA: Gerry Salim Kembali Mengaspal di Kancah Eropa

Pembalap andalan 76Rider itu bercerita tentang insiden yang dia alami, sehingga membuatnya harus menepi cukup lama dari lintasan balap.

“Saya masih ingat kejadian itu. Hari Sabtu, lintasan basah karena hujan. Saat di lap keenam atau ketujuh, saya terjatuh dari motor yang waktu itu sedang melaju kencang. Beberapa bagian tubuh saya cedera cukup parah,” ungkap Gerry membuka cerita.

BACA JUGA: Perjuangan Terakhir Gerry Salim di CEV 2018

Setelah dilarikan ke rumah sakit, dokter menyatakan dia mengalami patah tulang rahang kiri dan rahang bagian tengah.

Selain itu, terdapat pula retak di bagian hidung, mata, telinga serta retak di bagian kepala akibat benturan keras.

BACA JUGA: Gerry Salim Yakin Hasil Positif di Sirkuit MotoGP Le Mans

Kecelakaan itu membuat Gerry harus menjalani masa opname cukup lama di Jepang.

Akibat insiden fatal itu, Gerry terpaksa menerima keputusan tim yang menaunginya, Astra Honda Racing Team (AHRT), untuk menjalani masa pemulihan selama kurun waktu enam bulan sampai satu tahun.

Keputusan tim juga selaras dengan rekomendasi dokter yang meminta Gerry tidak balapan selama setahun ke depan.

“Buat saya ini sulit karena hidup saya di lintasan balap. Namun, saya juga harus mengikuti permintaan tim medis dan dokter. Untuk itu, saat ini saya berjuang memulihkan kondisi. Semoga bisa segera fit sehingga tidak perlu sampai satu tahun bisa kembali balapan,” sebut dia.

Pada masa-masa recovery saat itulah, mental Gerry diuji. Alih-alih terpuruk, Gerry mencoba bangkit dengan perlahan berlatih menggunakan motor dengan cc kecil.

“Namun tidak balapan. Saya latihannya adventure saja supaya tetap terbiasa dan bisa membuktikan kalau kondisi saya sekarang berangsur normal,” cetus dia.

Beruntungnya, dukungan dari banyak pihak mengalir yang memotivasi Gerry untuk bangkit agar bisa menunjukkan performa terbaiknya di lintasan. Salah satunya datang dari 76Rider.

Oleh 76Rider yang merupakan wadah pecinta extreme sports di tanah air, Gerry diajak untuk tetap merasakan atmosfer dunia balap melalui berbagai kejuaraan, salah satunya Trial Game Dirt.

Sebelumnya, kepada 76Rider, Gerry sempat menceritakan keinginannya untuk berhenti balapan.

Sakit yang dialaminya usai cedera patah rahang membuat Gerry ragu-ragu menjajal lintasan balap lagi.

Namun, dukungan dari 76Rider Supermoto Squad membuat putra mantan pembalap nasional Gunawan Salim itu yakin untuk terus menjadi pembalap bernomor start 31.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada 76Rider yang ternyata memberikan support luar biasa ketika saya menghadapi insiden kecelakaan ini. 76Rider meyakinkan saya bisa melewati masalah ini dan meminta saya untuk menggunakan waktu pemulihan dengan sebaik-baiknya, sehingga kondisi saya nanti benar-benar fit saat kembali balapan,” ungkapnya.

Gerry menambahkan tergabung dalam 76Rider, membuatnya makin termotivasi.

Baginya, 76Rider ternyata bukan hanya wadah untuk mengembangkan bakat dan kemampuan (skill) para pembalap yang menggemari extreme sport di Indonesia, Gerry seperti mendapatkan keluarga kedua yang senantiasanya memberikan dukungan agar tidak patah semangat.

Bersama 76Rider, banyak prestasi yang ditorehkan Gerry. Pada 2017, dia menjadi kampiun di Trial Game Asphalt seri Solo di dua kelas sekaligus yakni FFA 250 dan FFA 450.

Lalu, Gerry juga menjadi jawara di Trial Game Asphalt International Malang 2018 untuk kelas FFA 250 dan FFA 450 International.

Tak hanya itu, 76Rider juga memberikan dukungan bagi Gerry ketika dia berlaga di ajang internasional seperti Asia Road Racing Championship. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gerry Salim Terus Berusaha Keras di Kelas CEV Moto3


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler