Ikhtiar KUBI Memajukan Kibordis dan Pianis Indonesia

Senin, 26 Agustus 2024 – 16:06 WIB
Sejumlah musisi menghadiri launching sekaligus workshop yang diadakan Kibordis Untuk Bangsa Indonesia (KUBI) di DSS Music, Jakarta Selatan pada Senin (26/8). Foto: Dedi Yondra / JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kibordis Untuk Bangsa Indonesia (KUBI) terus menjalankan berbagai program sejak resmi menjadi organisasi.

Program-program yang dihadirkan bertujuan untuk memajukan kibordis atau pianis dan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Ruth Sahanaya Gelar Konser Spesial di Mantra PIK

Salah satunya yakni program pendidikan musik yang dilaksanakan pada 26 Agustus 2024 bertempat di DSS Music, Jakarta Selatan.

"KUBI melaksanakan program pertamanya yaitu pendidikan musik, program-program KUBI akan menjadi agenda tetap dan tentunya KUBI berharap dengan sangat dapat bersinergi dengan para stakeholder di negeri kita yang tercinta ini," ungkap Wakil Ketua I KUBI, Teffy Mayne di DSS Music, Jakarta Selatan, Senin (26/8).

BACA JUGA: GIGI Tidak Ada Habisnya

Program pendidikan musik dari KUBI melibatkan sejumlah narasumber dari tokoh kenamaan serta peserta dari berbagai daerah.

Forum tersebut bakal menjadi wadah untuk peserta berbagi pengalaman dan menambah ilmu.

BACA JUGA: Cetak 2 Rekor di Spotify, Bernadya Tetap Rendah Hati

"Kita harus saling memberi masukan, dan terus berkembang," beber Fadhil Indra, Wakil Ketua II KUBI.

Beberapa musisi turut hadir saat pembukaan program KUBI di antaranya, Tamam Husein, Ferdinand Marsa, dan sebagainya.

Program KUBI juga mendapat dukungan dari sejumlah musisi senior seperti Addie MS, Candra Darusman, hingga Donny Hardono alias Donny DSS.

Para tokoh tersebut memberi apresiasi atas semangat serta visi KUBI ke depannya.

"Kita butuh berkumpul, berserikat untuk memperjuangkan sesuatu secara kolektif, lebih punya suara. Saya mendukung terbentuknya KUBI yang diisi orang-orang hebat," ucap Candra Darusman.

"Selamat buat KUBI, saya akan support," tambah Addie MS.

KUBI atau Kibordis Untuk Bangsa Indonesia awalnya merupakan sebuah komunitas kibordis dan pianis yang didirikan pada Agustus 2015 atas inisiatif Fadhil Indra.

Komunitas itu dibentuk untuk mempererat tali silaturahmi sesama kibordis dan pianis dari semua jenis musik.

Dari hanya beberapa gelintir anggota, KUBI makin berkembang selaras dengan bertambahnya anggota KUBI yang saling membagi ilmu dalam bidang musik.

Pada Februari 2017, para anggota merencanakan sebuah pagelaran 100 Kibordis dan berkonsultasi kepada Donny Hardono yang juga seorang kibordis senior.

Donny Hardono kemudian membantu KUBI dalam melakukan segala persiapan teknis maupun nonteknis dan konser pertama KUBI dilaksanakan pada 20 Mei 2017 di Graha Bhakti Budaya Jakarta.

Pada saat itu penampilan musik terbagi dalam beberapa jenis yaitu, klasik, elektronik, jazz, pop, dangdut, anak-anak, world music, dan rock.

Kegiatan yang melibatkan 132 pianis serta kibordis tersebut dicatatkan sebagai World Record Holder oleh Record Holders Republic.

Selain itu, Konser 100 Kibordis juga diadakan dalam rangka peresmian 100 RPRTA pada 10 Oktober 2017 di Monas.

Dengan bertambahnya anggota, maka tumbuh ide agar KUBI bisa berkontribusi kepada masyarakat Indonesia dengan dapat memajukan bangsa melalui musik, dalam membuat lagu baru, dan pendidikan.

Ide-ide tersebut telah terkumpulkan, namun pada 2020 pandemi melanda seluruh dunia dan membuat industri musik diam.

Meski demikian, ide-ide agar KUBI berkembang tetap kuat. KUBI bekerja sama dengan PAPPRI melaksanakan konser 100 Vokalis 100 Kibordis di Kemang Village pada 18 Maret 2023 dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional.

KUBI melanjutkan dan mengembangkan ide-idenya pada 2023 sehingga diputuskan agar KUBI menjadi organisasi resmi.

Munas pertama dilakukan pada 2 Desember 2023 di DSS Music yang sekaligus menjadi kantor sekretariat KUBI.

"Dengan KUBI telah disahkan sebagai organisasi resmi, KUBI menyiapkan program-program yang dapat memajukan kibordis hingga pianis Indonesia dan juga masyarakat Indonesia," tambah Fadhil Indra.

Kini, KUBI yang diketuai oleh Krishna Siregar memiliki anggota sekitar 229 orang dari berbagai daerah.

KUBI bertekad untuk terus mengadakan program yang berguna bagi anggota maupun masyarakat Indonesia. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler