Ikhtiar Sukarelawan Jokowi Sukseskan Target Penyaluran KUR

Minggu, 14 Maret 2021 – 22:00 WIB
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Serapan kredit usaha rakyat (KUR) sektor mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melebihi pagu yang dicanangkan pada 2020, yakni Rp50 triliun.

Selama ini serapannya hanya rata-rata 20 persen. Namun, pada 2020 bukan hanya mencapai serapan 100 persen.

BACA JUGA: Kemenaker Terapkan 2 Reformasi Dukung Pembangunan SDM Terampil di Era Jokowi

Atas bantuan relawan Kerja Untuk Rakyat, KUR Pertanian tembus melebihi target, hingga mencapai Rp55 triliun.

Ketua Umum Relawan Kerja Untuk Rakyat (KUR) Gus Rochim Pati menilai, hal ini menandakan Program Presiden Joko Widodo untuk menggenjot pertanian di tengah pandemi Covid-19 sukses.

BACA JUGA: Belum Menikah Hingga Dituding Suka Sesama Jenis, Thomas Djorghi Merespons Begini

"Kami bangga, atas kerja keras para sukarelawan, KUR pertanian 2020 melampaui target," kata Gus Rochim.

Oleh karena itu, Gus Rochim mengucapkan terima kasih kepada semua sukarelawan yang terbentuk sejak 2016 dan mempermudah pembiayaan petani berjalan lancar dalam program Jokowi.

BACA JUGA: Benarkah Kafein pada Kopi Bisa Mencegah Kanker Kulit?

"Ini jelas membantu wong cilik dalam mengakses Kredit Usaha Rakyat,'' ucap aktivis tani sejak muda ini.

Dalam membantu serapan, relawan KUR tergerak untuk menyukseskan program pertanian di tengah pandemi covid-19.

"Ini salah satu sektor yang terbukti tetap tumbuh di tengah kesulitan rakyat menghadapi pandemi covid-19," seru Gus Rochim.

Sementara, Sekjen Relawan KUR Nur Budi Hariyanto menambahkan, relawan KUR tersebar di 34 provinsi. Hingga saat ini, sukarelawan terbentuk dari bawah, mulai koordinator desa, koordinator kecamatan, koordinator kabupaten, koordinator provinsi dan pengurus pusat.

Di dalamnya, bergabung relawan dari berbagai organisasi-organisasi massa (ormas), organisasi-organisasi non-pemerintahan (Non Government Organization/NGO), tokoh-tokoh masyarakat.

Kemudian lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM), pegiat UMKM, praktisi pertanian, para petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan para kaum milenial yang peduli dengan ekonomi wong cilik.

Nur Budi menyatakan, dengan adanya relawan KUR, dia berharap Indonesia menjadi negara yang berdaulat pangan. Salah satunya, Indonesia dapat swasembada pangan dan jauh dari impor.

“Motto relawan Kerja Untuk Rakyat adalah Ikhlas Berjuang Mengabdi Tanpa Batas. Ini sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo, Indonesia harus menjadi lumbung pangan 2045," harap dia.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler