IKN Nusantara Akan Terapkan Smart City, Begini Penjelasannya

Jumat, 11 Maret 2022 – 07:15 WIB
Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan menjadi kota berkelanjutan dengan mengimplementasikan konsep smart city. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan ibu kota negara (IKN) Nusantara akan menjadi kota berkelanjutan dengan mengimplementasikan konsep smart city.

Sebab, IKN Nusantara tidak hanya akan menargetkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga akan bertumpu pada pembangunan sosial berkelanjutan.

BACA JUGA: Kepala BIN Sebut IKN Nusantara Dorong Pemerataan Ekonomi, Begini Alasannya

Budi menjelaskan pembangunan sosial berkelanjutan menitikberatkan pada tiga hal, yaitu equity (persamaan), sense of community (rasa berkomunitas), dan urbanity (kekotaan yang dekat dengan aspek ekonomi).

Untuk itu mewujudkan hal tersebut maka pemerintah perlu mengimplementasikan konsep smart city.

BACA JUGA: Suhajar Diantoro Resmi Jabat Sekjen Kemendagri, Mendagri Tito Berpesan Begini 

"Kota cerdas dicirikan dengan penggunaan teknologi digital yang terintegrasi untuk mendorong kinerja pemerintah kota dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat kota," kata Budi Gunawan pada Kamis (10/3).

Sementara itu, Profesor Riset Henny Warsilah mengatakan target utama dari konsep smart city adalah menghasilkan kota layak huni, kemudahan akses pelayanan, dan nyaman secara sosial maupun lingkungan.

BACA JUGA: Peringatan Keras Jaksa Agung: Saya Akan Mencopot Jabatan Saudara

Selain itu, smart city juga mengubah tata kelola kota untuk menyejahterakan masyarakat.

“IKN harus menerapkan konsep smart city berbasis smart people, karena tanpa masyarakat yang cerdas maka kota itu akan menjadi kota yang mati atau kota bunuh diri,” ujar Henny.

Dia menilai IKN Nusantara harus menyatukan teknologi, pemerintah, dan masyarakat.

Untuk itu, penerapan smart city harus mencakup tiga agenda, yaitu menunjang kota di dalam dimensi sosial, ekonomi, dan daya dukung lingkungan.

Masyarakat Penajam Paser khususnya dan Kalimantan secara keseluruhan dinilai perlu terlibat dan berperan aktif menjadi masyarakat yang cerdas, partisipatif, dan mampu melahirkan inovasi-inovasi sosial dan inisiatif lokal untuk mengimbangi perubahan dan perkembangan spasial kotanya. (mcr9/fat/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler