Ikut Latihan Gabungan di India, TNI AL Mengerahkan KRI RE Martadina-331

Sabtu, 26 Februari 2022 – 17:45 WIB
KRI RE Martadinata-331 saat tiba di perairan Visakhapatnam, India, Jumat (25/2/2022) untuk mengikuti latihan Multilateral Naval Exercise Milan-2022. ANTARA/Dispen Koarmada I

jpnn.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut turut ambil bagian dalam latihan gabungan Multilateral Naval Exercise Milan-2022 di perairan Visakhapatnam, India.

TNI AL mengerahkan KRE Martadinata-331 untuk mengikuti latgab maritim terbesar yang digelar Angkatan Laut India tersebut. 

BACA JUGA: Dilengkapi Peralatan Mumpuni, KRI RE Martadinata-331 Sudah Bergerak ke Timur

Menurut Komandan Satuan Tugas Multilateral Naval Exercise Milan-2022 Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya, KRI RE Martadinata-331 membawa 130 prajurit untuk mengikuti latgab tersebut. 

"Latihan gabungan yang mulanya digelar pada 2020 ditunda sampai 2022 karena adanya pandemi Covid-19," kata Wawan  dalam siaran persnya, di Jakarta, Sabtu (26/2). 

BACA JUGA: Prajurit Marinir TNI AL Makin Dekat dan Dicintai Rakyat, Lihat

Latgab tersebut merupakan even dua tahun sekali. 

Pada tahun ini, akan melibatkan 13 negara yang mengirimkan armadanya, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Korea Selatan dan Perancis. 

BACA JUGA: Serukan Setop Perang Rusia - Ukraina, Purnawirawan TNI Gelar Aksi Tunggal di Solo

Selain itu gelaran ini setidaknya melibatkan 46 negara yang akan berpartisipasi.

Menurut Wawan, latgab ini merupakan bagian dari kebijakan strategis Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk memperkuat diplomasi militer Indonesia di kawasan.

Dalam latgab AL antarnegara bertajuk Milan-2022, KRI REM-331 akan mengikuti dua tahapan latihan, yakni fase pelabuhan dan fase laut pada 26 Februari hingga 4 Maret di lepas pantai Visakhapatnam.

"Latihan tersebut akan mencakup latihan perang antikapal selam yang dilakukan untuk pertama kalinya," kata Wawan.

Multilateral Naval Exercise Milan-2022 yang mengangkat tema ‘Camaraderie Cohesion Collaboration atau Persahabatan, Kohesi, Kolaborasi, ini bertujuan  mengasah keterampilan operasional, menanamkan praktik dan prosedur terbaik, dan memungkinkan pembelajaran doktrinal dalam domain maritim melalui interaksi profesional antara AL yang bersahabat.

Multilateral Naval Exercise Milan merupakan latihan gabungan yang digelar oleh Angkatan Laut India yang dimulai sejak 1995.

Indonesia merupakan satu dari empat negara yang telah mengikuti latihan gabungan sejak 1995.

Selain Indonesia, ada Singapura, Sri Lanka, dan Thailand.

Untuk pertama kalinya, latihan tersebut diadakan di Visakhapatnam, bukan di Komando Andaman dan Nicobar, yang telah diadakan sejak 1995.

Visakhapatnam sendiri dipilih sebagai tempat tahun ini dikarenakan skala latihan serta lebih banyak kapal akan berpartisipasi, yang berarti bahwa lebih banyak ruang berlabuh, serta laut yang lebih luas.

Selain itu, dalam penyelenggaraan tahun ini, kegiatan tidak hanya difokuskan pada latihan bersama di laut, tetapi juga konferensi dan diskusi panel membahas isu-isu keamanan terkini. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler