Ilham Habibie Siap Bersaing dengan Siapa pun di Pilgub Jabar, Termasuk Ridwan Kamil

Sabtu, 27 Juli 2024 – 11:27 WIB
Ilham Akbar Habibie ditemui dalam sebuah kegiatan di Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Partai NasDem meminta Ilham Akbar Habibie untuk siap bersaing dengan siapa pun lawan yang akan dihadapi dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024.

Persaingan itu termasuk melawan Ridwan Kamil, petahana yang berpeluang besar kembali ke Jabar.

BACA JUGA: Pilgub Jabar 2024, PPP Respons Soal Peluang Rindu Jilid 2

Di sisi lain, proses pencalonannya masih menunggu kepastian dari dukungan partai lain.

Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa mengatakan, pihaknya terus menyiapkan semua hal berkaitan pencalonan Ilham Habibie agar bisa maju dalam Pilgub Jabar tahun ini. Komunikasi dengan partai lain pun terus dijajaki.

BACA JUGA: Ini Program Prioritas Anies Baswedan Jika Terpilih Lagi di Pilkada Jakarta

"Ya, memang (Ilham) harus siap. Jadi, kami harus siap untuk berhadapan dengan siapa pun ya, termasuk dengan Ridwan Kamil. Tentu kami sedang menyiapkan berbagai langkah nanti di 27 November calon yang diusung Pak Ilham bisa memenangi kontestasi,” kata Saan di Bandung, Sabtu (27/7/2024)

“Kami dengan semua partai komunikasi, tetapi sekali lagi yang paling intensif dengan PKS dengan PKB kita intensif, dalam waktu dekatlah mudah-mudahan, termasuk di DKI Jakarta,” lanjutnya.

BACA JUGA: Ronald Tannur Anak Anggota DPR Divonis Bebas di Kasus Pembunuhan Dini Sera, Prof Basuki Bersuara

Sementara itu, Ilham mengaku sudah siap berkompetisi dengan siapa pun sejak dirinya diusung oleh Partai NasDem, termasuk dengan Ridwan Kamil.

“Siap, harus siap,” tegas Ilham Habibie.

Hanya saja, fokusnya saat ini adalah membangun komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi. Beberapa partai yang ia klaim sudah mengarah pada hasil baik adalah PKB dan PKS.

Jika NasDem dan dua partai tersebut berkoalisi, maka syarat ambang batas yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa tercapai.

“Saat ini, saya diusung Partai NasDem, kami sedang membangun kesepakatan karena kombinasi kami dengan PKS. Dengan PKS cukup mengusung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur melebihi kuota DPRD yaitu 24, dan kami 27,” ujar dia.

“Masih tahap finalisasi, mudah-mudahan beberapa minggu ke depan ada hasilnya. Masih terbuka dengan partai lain, sudah lakukan dengan partai lain, kita lihat beberapa minggu ke depan, insyaallah mengerucut jadi satu koalisi,” ucapnya. (mcr27/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler