IMF Suntik Portugal 5,17 Miliar Euro

Jumat, 06 April 2012 – 10:10 WIB

LISBON - International Monetary Fund (IMF) akhirnya menyetujui kredit pinjaman senilai 5,17 miliar euro (Rp 62 triliun) untuk Portugal setelah melihat kemajuan program ekonomi negara tersebut. Dalam komunike bersama sekaligus pernyataan tertulisnya, IMF mengatakan,  uang ini bisa cair setelah jajaran eksekutif IMF meninjau ada perubahan dalam program pinjaman tiga tahun senilai 27,6 miliar euro yang diberikan ke Portugal pada Mei 2011.

"Kemajuan baik berhasil dicapai dengan penerapan kebijakan-kebijakan program yang sedang berlangsung dan tanda-tanda awal mengindikasikan perlunya penyesuaian ekonomi,” sebut Nemat Shafik, Managing Director dan Acting Board Chair IMF yang dikutip dari Jornal Diario di Lisbon, Kamis (5/4).

Menurut Nemat, di tengah lingkungan eksternal dan internal sulit, implementasi program yang kuat amat penting untuk memastikan kesuksesan program, membangun ulang kepercayaan diri pasar dan mengembalikan pertumbuhan ekonomi negeri yang terletak di Semenangjung Iberia itu.

Kalau dihitung dengan pencairan terakhir, IMF sudah mengucurkan dana sebesar 18,56 miliar euro (Rp 222,72 triliun) untuk Portugal yang tahun lalu bergabung dengan Yunani dan Irlandia dalam program bailout Uni Eropa-IMF.

Sekadar diketahui, Portugal menerima paket UE-IMF jangka tiga tahun bernilai sekitar 78 miliar euro sebagai imbalan komitmen untuk reformasi ekonomi negara dan pemberlakuan langkah-langkah penghematan. (max)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Teller Cerdik Perdayai Perampok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler