Imlek 2020: Empat Shio Harus Berhati-Hati Selama Tahun Ini

Sabtu, 25 Januari 2020 – 07:15 WIB
Suasana Imlek di Klenteng Kim Tek Le, Wihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Jakarta Pusat. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tiap tahun saat perayaan Imlek, pengelola wihara akan menuliskan peringatan untuk empat shio yang ciong atau yang dalam perhitungan ilmu fengshui, peruntungannya kurang bagus saat itu.

Istilahnya Ciong Thai Swe. Peringatan terkait ciong ini ditulis pengurus wihara atau klenteng untuk umat Buddha yang datang berdoa saat Imlek.

BACA JUGA: Ikan Bandeng Paling Dicari Jelang Perayaan Imlek

Hal yang sama dilakukan pengurus Wihara Dharma Bhakti atau Klenteng Kim Tek Le di kawasan Petak Sembilan, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Jokowi Tak Pernah Hadiri Imlek Nasional Hingga Rahasia Megawati

Ada empat shio yang harus berhati-hati dan berdoa mohon keselamatan di tahun ini. Di antaranya Shio Tikus, Shio Kelinci, Shio Kuda, dan Shio Ayam.

"Jadi empat shio ini harus berhati - hati. Dia harus berdoa khusus untuk tahun ini. Namanya sembahyang Thai Swe," Liauw Kwong Joeng salah satu umat Buddha yang dituakan di Klenteng Kim Tek Le pada JPNN di Wihara Dharma Bakti di Petak Sembilan, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Berburu Angpao Motif Tikus untuk Imlek 2020, Ini Daftar Harganya

Liauw Kwong Joeng salah satu umat Buddha yang dituakan di Klenteng Kim Tek Le

 

Pria yang memiliki nama Indonesia, Susilo tersebut mengatakan ada beberapa usia yang diperingatkan untuk berhati-hati tahun ini sesuai dengan shio masing-masing.

"Jadi orang-orang yang disebutkan umurnya sesuai tulisan ini, harus berdoa khusus untuk mendapatkan keselamatan dalam hidupnya tahun ini," kata Susilo sambil menunjukkan tulisan Ciong Thai Swe yang ditempelkan di dekat tempat pengambilan dupa klenteng.

Untuk umat yang memiliki Shio Tikus, yang patut berhati-hati adalah yang berusia 25 dan 61 tahun.

 Kemudian Shio Ular di usia 34 dan 70 tahun. Shio kuda di usia 7 dan 43 tahun. Sedangkan Shio Ayam di usia 16 dan 52.

"Untuk Shio Kuda yang usia 7 tahun tentu bukan dia yang berdoa sendiri bisa juga diwakilkan oleh orang tuanya untuk mendoakan keselamatannya," imbuh kakek berusia 72 tahun tersebut.

Agar terhindar dari bahaya ini, maka orang - orang yang dimaksud disarankan mengikuti arah yang sudah ditunjukkan melalui ciong.

"Tahun ini shio - shio itu berdoa mohon keselamatan dan tahun depan harus ucap syukur karena doanya sudah terkabul," tambahnya.

Di Imlek 2020 ini, Susilo mendoakan semua masyarakat Indonesia diberikan keselamatan, aman, dan damai. Gong Xi Fa Cai.(flo/jpnn)

VIDEO: 4 Shio Ciong di 2020, Wajib Sembahyang Saat Imlek 2020


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler