Impresi Singkat Fitur Honda Sensing di Accord 2019

Selasa, 23 Juli 2019 – 21:30 WIB
Media drive Honda Accord 2019 di Sirkuit Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. Foto: Dedi Sofian/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Teknologi Honda Sensing yang pertama kalinya ditanamkan di Honda Accord model years (MY) 2019, menuntunkan kami pengin lebih tahu keammpuan fitur keselamatan tersebut. Gayung bersambut, kami pun mendapatkan kesempatan itu yang diberikan langsung oleh PT Honda Prospect Motor (HPM).

Honda Sensing sendiri merupakan fitur keselamatan yang memungkinkan pengemudi dapat menghindari dan meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara. Adapun fitur Honda Sensing terdiri dari paket teknologi Collision Mitigation Break System (CBMS), Road Departure Mitigation System (RDM), dan Adaptive Cruise Control (ACC).

BACA JUGA: Honda Accord Terbaru Menggoda Lantai GIIAS 2019

BACA JUGA: Honda Accord Terbaru Menggoda Lantai GIIAS 2019

"Kami ingin segera menunjukkan kepada kalian (awak media) bahwa Honda Accord terbaru memiliki sejumlah teknologi baru yang disematkan pada sedan premium. Bahkan teknologi ini baru pertama kali di Accord 2019," ungkap Marketing & After Sales Service Dircetor PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di sela media test drive Honda Accord 2019, di Sirkuit Bridgestone, Karawang, Selasa (23/7).

BACA JUGA: Bengkel Resmi Motor Honda, AHASS Dapat Pengakuan Masyarakat

Pertama, fitur CBMS berfungsi mengatur kendaraan berhenti secara otomatis ketika ada benda atau object di depannya. Fitur ini juga bisa diatur aktivasinya, melalui tombol CBMS yang terletak di samping sensor 'P'.

Saat kami mencobanya dengan kecepatan 20 km/jam, kemudian ketika sensor membaca ada objek di depan, sistem elektronik langsung bekerja untuk memerintahkan kendaraan untuk berhenti secara otomatis. Bahkan klaimnya, fitur bisa bekerja meski Accord digeber hingga kecepatan 100 kpj.

BACA JUGA: HPM Recall 12.911 Honda CR-V Akibat Kerusakan Shift Knob Button

Perlu diketahui, sensor hanya bisa membaca benda yang besar seperti mobil atau jenis truk. Sedangkan, untuk motor dan sepeda atau kerumunan orang sensor akan sulit membacanya.

Kemudian fitur RDM. Fitur ini dapat mengenali marka di jalan raya. RDM menggunakan EPS untuk menjaga kendaraan tetap pada lajurnya dan jika kendaraan ini keluar dari lajur atau marka jalan, maka mobil akan kembali ke lajur sebenarnya.

Fitur RDM sendiri juga dapat diatur melalui fitur vehicle setting serta dapat melalui fitur safety support pada drive meter.

Terkahir fitur ACC. Fitur ini memungkinkan pengemudi dapat mengatur kecepatan dan jarak dengan kendaraan di depan yang diinginkan. Setelah fitur diaktifkan, mobil akan berjalan terus menerus mengukur jarak dengan kendaraan yang terdeteksi di depan, lalu menyesuaikan mobil untuk mempertahankan jarak yang telah ditentukan.

Mengaktifkan cruise control, pengemudi dapat memilih pengaturan jarak short, medium, long atau extra long.

Honda Accord terbaru tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic dan Lunar Silver Metallic. Harganya dipatok Rp 698 juta (harga on the road Jabodetabek). (mg9/jpnm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AHM Optimistis Honda Genio Bisa Terjual 500 Ribu Unit Setahun


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler