Indonesia Basketball Camp 2024: Phil Handy Didatangkan Buat Latih Pebasket Muda

Rabu, 11 September 2024 – 20:31 WIB
Phil Handy tengah melatih Timnas basket putri Indonesia di Surabaya, Indonesia. Foto: Yoga Prakasita/Dokumentasi Perbasi

jpnn.com - Menjelang akhir kepengurusan Perbasi periode 2019–2023 program pelatihan untuk pebasket muda bertajuk 94 Feet of The Game Indonesia Basketball Camp 2024 digelar.

Tidak tanggung-tanggung, asisten pelatih LA Lakers yakni Phil Handy didatangkan ke Tanah Air untuk melatih para pebasket muda.

BACA JUGA: Pelajar Aceh Bermain Total Agar Masuk Final Turnamen Futsal & Basket AMANAH Cup

Hal tersebut diungkapkan oleh manajer Timnas basket putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja yang rencananya pada akhir September mendatang akan mendatangkan pelatih kelahiran 24 Agustus 1971 itu.

“Pada awalnya saya dihubungi oleh coach Phil (Handy) apakah ada jadwal untuk melatih di Indonesia. Saat itu saya kemudian melaporkan kepada Susuk (Danny Kosasih) dan tanpa panjang lebar langsung menyetujui untuk membuat program pelatihan.”

BACA JUGA: Klasemen Grup Basket Putra Paris 2024 setelah AS Melibas Serbia

“Tidak mudah untuk mendatangkan coach Phil ke Jakarta karena di Amerika Serikat banderolnya sangat mahal. Untuk itu sebuah kesempatan langka untuk pemain yang bisa dilatih oleh beliau,” ungkap pria yang akrab disapa Itop di Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Kedatangan Phil Handy sejatinya merupakan keinginan sejak lama mendiang Danny Kosasih.

BACA JUGA: Danny Kosasih Tutup Usia, Dunia Basket Indonesia Berduka

Diharapkan dengan adanya pelatih kaliber Phil Handy mampu mengembangkan fundamental pebasket muda yang ada di Indonesia.

“Nantinya untuk program pelatihan ini untuk pebasket yang sudah memiliki skill dasar bermain basket. Para pemain nantinya akan terbagi dalam empat sesi yang mana dalam satu sesi terdiri dari 35 orang,” ujar mantan manajer CLS Knight Surabaya itu.

Kehadiran Phil Handy juga didukung penuh oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PP Perbasi, Ardima Rama Putra.

Pria kelahiran 10 Juli 1990 itu mendukung penuh terlebih acara tersebut juga didukung oleh sponsor yakni bank OCBC.

Diharapkan nantinya banyak pebasket muda bisa turut ikut serta mulai dari pemain berusia 14 sampai 18 tahun pada program pelatihan ini.

“Kegiatan pembinaan pebasket usia muda harus terus dibina ke depannya. Untuk itu Perbasi mengucapkan terima kasih kepada para semua pihak mulai dari pemerintah dan Bank OCBC yang mendukung acara ini.” 

“Tentu kami ingin bibit-bibit muda Indonesia bisa lebih berkembang ke depannya dengan adanya program ini,” ujar pria yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi Perbasi itu.

Rencananya program pelatihan kepada pebasket muda ini akan digelar pada Rabu (25/9/2024) sampai Sabtu (28/9/2024) mendatang di GBK Arena, Jakarta.

Tidak hanya kepada para pebasket muda, nantinya juga pelatih-pelatih yang ingin menimba ilmu juga bisa turut ikut serta dalam program ini.

Harga yang ditawarkan dari acara ini sejatinya terjangkau mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta.

Menarik ditunggu program pelatihan yang diberikan Phil Handy mengingat sebelumnya saat membantu Timnas basket putri Indonesia di FIBA Asia Cup 2023 terlihat skill individu para pemain meningkat.(perbasi/mcr16/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler