Indonesia Bisa Melakukan 3 Hal Ini Merespons Agresi Israel terhadap Palestina

Minggu, 16 Mei 2021 – 02:10 WIB
Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi sikap tegas Indonesia yang disampaikan Presiden Jokowi merespons agresi Israel terhadap Palestina yang telah menewaskan ratusan warga.

Yang lebih menyedihkan, kata Saleh, korbannya termasuk perempuan dan anak-anak. Hal itu menurut dia tindakan biadab yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

BACA JUGA: Konon Konflik Israel-Palestina Bisa Makin Buruk, Korban Meninggal Bakal Banyak

"Pernyataan Jokowi itu sudah tegas. Sangat bagus. Dari sisi retorika politik, semestinya sudah bisa menggalang dukungan negara-negara besar, terutama negara-negara Islam. Namun faktanya, Israel masih terus saja menyerang, bahkan lebih membabi buta," kata Saleh kepada JPNN.com, Sabtu (15/5).

Untuk itu, Saleh menilai pernyataan Presiden Jokowi perlu ditindaklanjuti. Setidaknya ada tiga langkah konkret yang bisa dilakukan. Pertama, Indonesia perlu meningkatkan diplomasi di pentas global," ucap Saleh.

BACA JUGA: Bobby Nasution Langsung Keluar dari Rumah Sabtu Dini Hari, Menyampaikan Perintah

Menurut wakil ketua MKD itu, diplomasi yang dilakukan saat ini belum berujung pada pengambilan tindakan tegas terhadap Israel. Negara-negara OKI dan juga PBB seakan tidak berkutik. Begitu juga dewan keamanan PBB yang semestinya mengambil inisiatif dalam menjaga keamanan dan ketertiban dunia seakan lumpuh tak berdaya.

Oleh karena itu, Saleh memandang pemerintah Indonesia sudah sepantasnya mendesak semua organisasi internasional terkait untuk melindungi rakyat Palestina.

BACA JUGA: Ditahan Polisi di Pos Penyekatan, Pria Ini Mengaku Kenal dengan Ketum PSSI, Ternyata...

"Kita tidak bisa hanya berhenti pada retorika. Harus ada aksi nyata. Pembiaran atas tindakan keji Israel dapat menghilangkan kepercayaan dunia internasional kepada lembaga-lembaga besar yang ada," tegasnya.

Kedua, kata Saleh, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia semestinya dapat mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina, terutama berupa obat dan alat-alat kesehatan yang sangat dibutuhkan rumah-rumah sakit di Gaza.

"Apalagi, saat ini situasi pandemi. Belum tentu semua negara memikirkan mereka. Kitalah semestinya yang berinisiatif. Bantuan seperti ini bisa jauh lebih efektif dalam jangka pendek dibandingkan diplomasi yang kadang membutuhkan waktu yang cukup lama," tutur Saleh.

Ketiga, kata ketua DPP PAN itu, masyarakat diharapkan dapat mengumpulkan bantuan pangan dan sandang bagi warga Palestina. Sebab, di tengah situasi pandemi dan agresi yang dilakukan Israel, bantuan dari umat Islam Indonesia menjadi sangat dibutuhkan.

Saleh Partaonan Daulay mengatakan warga Palestina tidak bisa dibiarkan terkepung sedemikian rupa tanpa ada bantuan pangan dan sandang yang memadai.

"Kita bisa berkontribusi dari sisi ini. Para donatur dan anggota masyarakat yang mampu diharapkan dapat berpartisipasi," pungkas mantan ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah itu. (fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler