Indonesia Junior League Resmi Digelar Hingga September

Senin, 10 April 2017 – 23:16 WIB
Ilustrasi sepak bola. Foto: AFP

jpnn.com, TANGERANG - PT. Angkasa Pura II ikut ambil bagian dalam kemajuan sepak bola tanah air.

Terbukti dengan terselenggaranya liga sepak bola usia dini bertajuk Angkasa Pura II – Indonesia Junior League (AP II – IJL) yang resmi di mulai kemarin di lapangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

BACA JUGA: Wihh, AP II Janjikan Insentif Bagi Maskapai

Perhelatan ini diikutioleh total 30 tim SSB di Jabodetabek. Secara simbolis, AP II – IJL resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

AP II – IJL yang didukung oleh Asosiasi Pemain Sepakbola Indonesia (APSI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini menggelar pertandingan untuk dua kelompok umur yakni liga U-11 yang diikuti sebanyak 16 tim dan liga U-9 dengan sebanyak 14 tim.

BACA JUGA: PLB Bandara Soetta Berpotensi Raup Rp 2,5 triliun

Adapun liga akan berputar hingga September mendatang dengan pertandingan digelar setiap hari Minggu.

"Selaku pengelola 13 bandara di kawasan Barat Indonesia, AP II memiliki peran cukup strategis dalam mendukung kemajuan perekonomian dan pariwisata melalui sektor perhubungan udara sebagaimana yang telah kami lakukan saat ini. Namun demikian, kami juga merasa terpanggil untuk dapat mendukung kemajuan bangsa dan negara melalui pembangunan manusia yang salah satunya melalui pembinaan pemain sepak bola sejak usia dini melalui penyelenggaraan AP II – IJL," ujar
President Director AP II Muhammad Awaluddin.

BACA JUGA: PLB di Bandara Soetta, Bisa Tekan Biaya Logistik


Menurutnya, penyelenggaraan AP II – IJL ini juga sekaligus membuktikan komitmen AP II melakukan pembinaan terhadap pemain-pemain sepak bola masa depan yang akan mengharumkan nama Indonesia.

AP II juga ingin menjadi contoh dari kepedulian pemangku kepentingan di sektor perhubungan udara terhadap dunia sepak bola Indonesia.

"Di samping juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang prioritas percepatan pembangunan sepak bola yang salah satunya adalah pembinaan usia dini. Kami juga berterima kasih kepada Bapak Menteri Perhubungan yang sejak lama telah menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia sepak bola tanah air," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Budi mengatakan, kemampuan dan profesionalisme para industriawan dan stakeholder industri penerbangan di dalam negeri telah diakui oleh dunia internasional.

Ini terbukti dari sejumlah penghargaan berkelas dunia yang berhasil diraih maskapai nasional dan juga pengelola bandara.

"Oleh karena itu, sebagai pelaku di industri penerbangan hendaknya mau berbuat lebih dan menularkan kemampuan untuk memajukan Bangsa dan Negara di sektor lainnya, tidak hanya sektor penerbangan. Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan AP II – IJL ini karena selaku pengelola bandara, AP II mau berbuat lebih dalam mendukung pemerintah memajukan sektor olah raga khususnya sepak bola," tutur Budi.

Jadwal pertandingan AP II – IJL dibagi dalam empat babak yakni pada 9 April – 20 Agustus pertandingan reguler.

Lalu 27 Agustus playoff U-11, kemudian 3 September playoff U-9.

Selanjutnya babak semifinal U-9 dan U-11 digelar pada 10 September, dan final kedua kategori kelompok umur pada 17 September.

“Liga ini dikelola secara professional, di mana tim yang berlaga di AP II – IJL adalah hasil dari proses screening yang sebelumnya telah kami lakukan. Tim yang berminat sangat banyak, namun yang lolos screening total hanya 30 tim," ujar
COO AP II – IJL Rezza Mahaputra Lubis.

Rezza mengatakan, penyelenggaraan AP II – IJL ini juga menghadirkan inovasi terbaru di dunia liga sepak bola usia dini.

Yakni setiap pemain akan memiliki statistik pertandingan untuk memantau perkembangan.

"Statistik pertandingan ini bisa diakses di situs resmi Indonesia Junior League. Di dalam situs tersebut kami juga akan menampilkan pertandingan-pertandingan yang digelar setiap minggunya,” papar Rezza.

Bagi pemain terbaik di setiap posisi akan bergabung ke dalam AP II – IJL All Star dan berkesempatan untuk mengikuti turnamen Singa Cup yang akan digelar di Singapura pada akhir tahun ini. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bandara Soetta Bangun Kawasan Pusat Logistik Berikat


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler