Indonesia Para Badminton International 2022 Dimulai, Indonesia dan India Bersaing Ketat

Rabu, 24 Agustus 2022 – 06:46 WIB
Peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020, Khalimatus Shadiyah saat berlaga di turnamen bulu tangkis FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022. Foto: NPC Indonesia

jpnn.com, YOGYAKARTA - Turnamen bulu tangkis FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 bergulir pada Selasa (23/8) di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Ajang tersebut diikuti sekitar 69 atlet yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, India, Azerbaijan, Peru hingga Polandia. 

BACA JUGA: 11 Negara Ikuti Foxs Indonesia Para Badminton International 2022

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan atlet para badminton dengan maksimal.

Setelah tampil di ASEAN Paragames 2022 silam, para pebulu tangkis para badminton Indonesia kembali mempersiapkan diri agar tampil di ajang ini.

BACA JUGA: Jhonlin Badminton Club Rebut Juara pada 2 Kategori Liga Banua V

Para Badminton International 2022 menjadi satu di antara turnamen yang terhitung poinnya untuk bisa tampil di Paralimpiade Paris 2024.

"Pada turnamen ini, kami menargetkan meraih gelar juara umum. Dalam turnamen ini akan ada sistem ranking points dan participation points diperebutkan oleh para atlet guna mendapatkan kesempatan kualifikasi di Paralimpiade Paris 2024 nanti," ungkap Rima dalam rilis tertulis.

BACA JUGA: Membanggakan! Kontingen Para-Badminton Indonesia Raih Enam Emas di Dubai

Terselenggaranya turnamen ini tidak terlepas dari dukungan beberapa sponsor yang mau mendukung memeriahkan acara. Satu di antaranya ialah FOX'S Indonesia.

Associate Brand Manager FOX'S Irene Limantara mengungkapkan bahwa dengan terselenggaranya turnamen ini dalam upayanya menghadirkan kembali turnamen para bulu tangkis berskala internasional yang telah lama vakum di Tanah Air.

Dengan mengusung tema #SparkleYourEnergy, kejuaraan ini diharapkan menjadi ajang menunjukkan kilau prestasi dan mengharumkan nama bangsa di ajang internasional.

“Kami sangat bangga dengan terselenggaranya FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 kali ini. Setelah sekian lama, akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan rumah." 

"Kami berharap turnamen ini bisa menjadi ajang bagi atlet Indonesia mengasah kemampuan dan potensi diri. Tidak hanya itu diharapkan generasi muda termotivasi melihat ajang ini generasi muda bisa semangat menghadapi rintangan sehari-hari," ujar Irene.

Pada ajang ini, India menjadi saingan ketat Indonesia mengingat mereka menurunkan banyak pemain di keikutsertaan mereka.

Beberapa pemain seperti tunggal putra klasifikasi SL 3, Dinesh Rajaiah dan Prakash Stephen bahkan mulai unjuk gigi pada laga pembuka.

Wakil Indonesia sendiri pada hari pertama yang tampil dari nomor tunggal putra SL 3, Dwiyoko menang dua gim langsung 21-6, 21-13 atas Anubhav Sagar Tewatia dari India.

Kemenangan tersebut ternyata juga memotivasi pebulu tangkis WH1 Agung Wibowo yang menang melawan wakil India Neeraj Kumar Sreenivasan dua gim langsung dengan skor 21-7, 21-6.

Turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 tidak hanya menampilkan pertandingan bulu tangkis tetapi juga terdapat konsep sportainment yang ditampilkan.

Terlihat sebanyak 13 penari dari komunitas Nalitari yang terdiri rekan-rekan difabel dan non-difabel menampilkan suguhan tari-tarian yang bertajuk Love from Ugene.

Tidak heran dengan adanya acara itu semakin memeriahkan turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 yang diselenggarakan di kota Pelajar tersebut.

Rencananya turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 akan diselenggarakan selama lima hari yakni 23 hingga 27 Agustus mendatang.

Turnamen Indonesia para badminton akan mempertandingkan enam klasifikasi yang terdiri dari dua kelas kursi roda yakni WH 1 dan WH 2, dan empat kelas berdiri yaitu SL 3, SL 4, SU 5 serta SH 6. 

Kejuaraan diselenggarakan dengan skema round-robin sehingga para pemain dalam satu grup bertemu satu sama lain dan memperebutkan tiket ke semifinal yang beralih ke fase gugur hingga babak pemungkas.(npcindonesia/mcr16/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler