Indonesia Sabet Emas Kontes Robot Dunia

Rabu, 17 November 2010 – 21:12 WIB

JAKARTA-- Indonesia meraih kemenangan gemilang dengan menempati posisi juara pertama dan berhak meraih medali emas untuk katagori Robot Soccer pada World Robotic Olympiad (WRO) yang berlangsung di SMX Convention Center Hall, Manila, FilipinaHal tersebut diungkapkan Paula, selaku perwakilan dari  pihak  Mikrobot Experience Center di Jakarta, Rabu (17/11).

Paula menyebutkan, Indonesia mengirim 11 tim dalam kompetisi robot itu

BACA JUGA: Disiapkan Beasiswa Korban Bencana

Tim terdiri atas siswa SD, SMP, SMA dan tim Robot Soccer
"Dari 11 tim yang kita kirim, tim Robot Soccer yang berhasil meraih juara

BACA JUGA: PGRI Protes, Tunjangan Guru Dicicil

Pada katagori Robot Soccer ini, tim Indonesia harus bersaing dengan 20 tim dari negara lain dan bisa meraih juara pertama," kata Paula.

World Robotic Olympiad (WRO) yang diselenggarakan pada 6 November 2010 lalu adalah kegiatan internasional yang diselenggarakan setiap tahun
Pelombaan ini dibuka untuk siswa SD hingga mahasiswa

BACA JUGA: Prediksi, 2011 Ada 20 Ribu Siswa Baru

"Kegiatan ini merupakan puncak acara kompetisi tingkat nasional yang sudah diikuti sebelumnya oleh seluruh peserta dari masing-masing negara," tambahnya.

Untuk diketahui, WRO tahun ini diikuti 700 peserta dari 22 negaraIndonesia mengirim 38 peserta yang terbagi dalam 11 tim untuk mengikuti Regular Categori dan Robot Soccer CategoriPeserta WRO yang mewakili Indonesia adalah pemenang dan sebagian peserta kegiatan Indonesia Robotic Olympiad 2010 yang diselenggarakan di Gedung BPPT Jakarta pada 14 Agustus 2010.

Paula menjelaskan,  WRO pada 2011 rencananya akan diselenggarakan di Abu DhabiSelain itu, tim Indonesia bertekad kembali meraih prestasiSejumlah prestasi telah diraih Indonesia dalam berbagai kompetisi rombot internasionalSalah satunya, Tim Robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom) yang  berhasil mempertahankan gelar sebagai jawara di RoboGamesRobot DU 114 berhasil menggondol emas untuk kategori open fire fighting autonomous robot.

RoboGames 2010 digelar di San Mateo County Event Center, Amerika Serikat, pada 24-25 April 2010Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga mengikuti kontes robot internasional ABU Asia Pacific Robot Contest 2010 pada 20-21 September 2010 di Kairo, Mesir"Tim robot ini juga pernah menjadi juara pertama di Fukushima, Jepang pada tahun 2000," tukasnya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS Siap Bantu Politeknik Geothermal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler