Indonesian Export Channel Bawa 22 Perusahaan ke TEI 2024

Rabu, 16 Oktober 2024 – 20:57 WIB
Indonesian Export Channel (IEC) berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia atau TEI 2024. Foto dok. IEC

jpnn.com, JAKARTA - Indonesian Export Channel (IEC) berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia atau TEI 2024. Tercatat 22 perusahaan terkurasi dari berbagai sektor yang dibawa untuk memamerkan produk unggulan mereka kepada buyer internasional. 

Produk-produk yang dipamerkan mencakup beragam komoditas, seperti briket arang kelapa, fast-moving consumer goods (FMCG), essential oil, gula kelapa, rempah-rempah, kopi, furniture, produk makanan dan minuman, serta kerajinan tangan.

BACA JUGA: Tampil di TEI 2024, Produk Pendidikan Vokasi Diminati Mancanegara

"Partisipasi tahun ini menandai tahun ketiga berturut-turut IEC mengikuti TEI, yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia untuk mempertemukan eksportir lokal dengan buyer internasional," kata Ketua Umum IEC Ronnie Aban dalam pernyataan resminya dikutip Rabu (16/10). 

Sebelum pameran berlangsung, IEC memberikan pelatihan intensif selama satu bulan untuk mempersiapkan para eksportir berinteraksi dengan buyer internasional secara profesional. 

BACA JUGA: UMKM Binaan Pertamina Go Global, Sepakati 3 Kerja Sama Dagang di Hari Pertama TEI 2024

Selain itu, setelah pameran, IEC akan memberikan pendampingan ekspor selama satu tahun, mencakup mentoring dari praktisi berpengalaman dan fasilitas tambahan, seperti akses data buyer internasional serta layanan pengiriman internasional.

“Kami berharap para tenant dapat mencapai closing deal dengan buyer internasional. Selain itu, IEC juga berkesempatan memperluas jaringan buyer untuk mendukung pertumbuhan ekspor Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA: Jokowi Mampir ke Booth J99 Corp di TEI 2024, Heboh

Dwi Rayindra Marchiano, sekretaris jenderal IEC sekaligus ketua panitia Booth IEC untuk TEI 2024, menjelaskan bahwa IEC berkomitmen memberikan fasilitas khusus bagi para tenant, mulai dari pelatihan hingga bantuan data buyer dan katalog standar ekspor. 

“Kami berharap para tenant memanfaatkan fasilitas ini untuk memperluas pasar internasional mereka,” ungkapnya.

IEC mengaku akan terus berpartisipasi dalam TEI setiap tahunnya, sebagai bagian dari upaya memperkuat posisi Indonesia dalam perdagangan internasional dan mendorong peningkatan ekspor produk lokal ke pasar global.

Dalam TEI 2024 ini, IEC mendapat dukungan dari sponsor seperti Mind ID, Bank Syariah Indonesia (BSI), Rays Group Indonesia, dan PT Metro Impex Makmur. Dukungan ini memungkinkan IEC untuk menyediakan fasilitas terbaik bagi para tenant di booth mereka, yang diharapkan mampu menarik minat buyer internasional dan menciptakan peluang transaksi bernilai tinggi.

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi antara lain PT HNF Alam Sejahtera, PT Metro Impex Makmur, CV Nucifera Hiro Indonesia, PT Suma Briket Premium, CV Serene Harmoni Indonesia, PT Inti Agro Solution (Global Essential Oil), PT Anto Antar Sejagat, PT Agri Ekspor Indonesia, PT Aneka Unggulan Nusantara, PT Gastrus Bintang Gemilang, PT Indah Tata Buana, PT Inti Alam Andalas. 

Juga PT Maffin Sukses Berjaya, PT Nusantara Jagadhita Utama, PT Sumber Sejahtera Mandiri Industri, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. 

Kemudian, PT Suntara Perintis Jaya, PT Karta Natur Asia, MIND ID, CV Arva Indonesia, CV Yumeda Pangan Sejahtera (Sweet Sundae Indonesia), dan PT Cerita Ragam Nusantara (Jiwanta).Sejahtera (Sweet Sundae Indonesia), dan PT Cerita Ragam Nusantara (Jiwanta). (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler