Induk SCTV Akuisisi Perusahaan Iklan Thailand

Kamis, 27 Desember 2012 – 08:57 WIB
JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) berupaya memperkuat diri sebagai perusahaan berbagai jenis media. Induk usaha stasiun tv SCTV itu ekspansi ke Thailand dengan modal Rp 302,69 miliar untuk akuisisi perusahaan di bidang iklan outdoor.

Corporate Secretary EMTK, Titi Maria Rusli, mengatakan pada tanggal 20 Desember 2012 perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli saham namun masih bergantung kepada beberapa prasyarat dan kondisi untuk membeli sebagian saham di Plan B Media Co. Ltd yang diklaim sebuah perusahaan terkemuka di Thailand bergerak di bidang out of home advertising media (media periklanan di luar rumah).

Dalam keterbukaan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) disebutkan rencana investasi berkisar Thai Baht (THB) 960 juta  atau sekitar Rp 302,69 miliar (kurs 1 THB = Rp 315.31). "Perseroan merencanakan akan memfinalisasikan investasi di Plan B Media Co. Ltd pada akhir Januari 2013," ujarnya, Rabu (26/12).

Dana sebesar itu sudah cukup untuk mengakuisisi 30 persen saham di Plan B Media Co Ltd. Langkah ini menurutnya dimaksudkan untuk memperluas kegiatan usaha media Perseroan dan anak-anak perusahaan Perseroan ke berbagai platform media termasuk langkah awal ke skala regional.

Titi mengatakan direksi Perseroan telah memperoleh persetujuan dari Rapat Dewan Komisaris Perseroan tanggal 6 Desember 2012 untuk melakukan transaksi investasi itu. "Dana investasi sepenuhnya dari internal," ucapnya.
           
Analis PT Pemeringkat Efek Indonesia, Ahmad Sudjatmiko, mengatakan, aksi korporasi EMTK ini masih sejalan dengan focus bisnisnya. Sebab selain SCTV dan Indosiar, EMTK sedang berupaya membesarkan tiga lini bisnisnya yaitu televisi berbayar (pay TV), media online, dan production house (PH). "Akuisisi yang dilakukan masih in line dengan usaha sekarang," ujarnya.

Pada kuartal ketiga 2012 EMTK meraih pendapatan Rp3,4 triliun atau naik 12,3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Sementara laba bersih mencapai Rp 3,19 triliun naik 374 persen dari periode sama tahun lalu. Sebab perseroan mendapat pendapatan lainnya terutama dari pelepasan sebagian kepemilikan atau sebanyak 97,5 juta sahamnya di PT Surya Citra Media Tbk dan 121,5 juta saham di PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM). Dari aksi jual saham itu EMTK berhasil meraup dana sebesar Rp 1,68 triliun.(gen)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Incar Pasar Asia, Ferrari Siapkan Versi Hibrida

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler