Pemerintah Negara Bagian Victoria mengatakan, pihaknya akan mengalokasikan dana sekitar $53 juta atau sekitar Rp516 miliar untuk memperbaiki jalan raya Great Ocean Road dan mengurangi resiko penutupan jalan karena tanah longsor.

Dana tersebut akan digunakan untuk melakukan sejumlah perbaikan mendesak termasuk di antaranya pembangunan tebing batu yang baru, dinding penahan dan pencegahan erosi.
Papan informasi elektronik untuk pengguna jalan, pemasangan kamera pengawas CCTV dan titik pengawas lalu lintas yang ‘real-time’ (waktu sebenarnya) juga akan dipasang.
Pengumuman ini dilakukan hampir setahun setelah hari terjadinya kebakaran lahan yang menghancurkan kawasan Wye River.
Selama setahun terakhir, jalan raya yang ramai dikunjungi pelancong ini terancam oleh kebakaran dan banjir, yang menyebabkan ratusan tanah longsor dan memaksa dilakukannya penutupan jalan.

BACA JUGA: Ular Melingkar Ditemukan di Pohon Natal

Menjaga masyarakat tetap terhubung

Menteri Utama Victoria, Daniel Andrews, mengatakan, pekerjaan perbaikan jalan ini akan membantu memastikan komunitas [yang tinggal] di sepanjang kawasan Great Ocean Road tetap terhubung selama kondisi darurat.
“Kami dengan gembira mengumumkan alokasi dana senilai $53 juta, seluruh pendanaan baru ini disedikan oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria,” kata Daniel Andrews.
“Dana ini akan digunakan sebaik mungkin untuk membuat tebing batu, drainase, dinding penahan, tanggul batu untuk menghentikan erosi dari laut ke dasar jalan.

"Ini benar-benar penting, infrastruktur penting yang akan membuat jalan [tetap] terbuka, membuat wisatawan tetap datang, mempertahankan pekerjaan dan peluang di masyarakat pesisir yang indah seperti ini.

BACA JUGA: ELL: Membedakan Homofon, Homograf dan Homonim

Menteri Andrews mengatakan, mereka juga akan menggunakan teknologi, termasuk kamera CCTV dan penanda ‘real-time’ (waktu sebenarnya).
“Sehingga jika terjadi masalah, jika ada suatu kejadian, jika ada penutupan sebagian dari jalan Great Ocean Road, para pengendara bisa memperoleh informasi terbaik dan seakurat mungkin dalam waktu yang sebenarnya (real-time),” ungkapnya.
“Sangat jarang terjadi penutupan jalan secara keseluruhan, biasanya ada bagian jalan yang dibuka.
“[ini soal] mengupayakan agar warga mendapatkan informasi terbaik sehingga mereka bisa melakukan perjalanan lewat darat dan kembali ke Great Ocean Road serta mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang indah.”
Permukaan jalan akan juga diperbaiki untuk mencegah resiko tanah longsor.

ABC Open contributor chamberlain_pictures

BACA JUGA: Bunuh Lansia, Mantan Perawat Ini Dihukum Maksimal 36 Tahun

Lama proyek diperkirakan 4 tahun

Pendanaan baru ini akan melengkapi proyek darurat sebesar $2 juta (Rp19 miliar) yang bertujuan untuk menstabilkan tanggul antara sungai Wye River dan Separation Creek.
Proyek ini akan memungkinkan dibukanya dua jalur untuk lalu lintas mulai Rabu (21/12).
VicRoads telah melakukan penilaian teknik dan membuat daftar prioritas.
Pengerjaan di Great Ocean Road akan dimulai pada akhir Januari 2017, pasca periode puncak kunjungan wisatawan dan diharapkan dapat rampung dalam waktu empat tahun.
Diterjemahkan pada pukul 17:00 WIB, 20/12/2016 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapal China di Hobart Ini Diduga Selundupkan Narkoba

Berita Terkait