Inggris, Giliran di Bawah Mistar Alami Krisis

Kamis, 02 September 2010 – 06:26 WIB
ANDALAN - Joe Hart, yang di PD 2010 hanya menjadi opsi kesekian di bawah mistar, kini menjadi andalan timnas Inggris, dengan nama kiper lain yang masih harus disiapkan oleh pelatih Fabio Capello. Foto: Getty Images.
LONDON - Krisis pemain yang dialami timnas Inggris jelang pekan perdana kualifikasi Euro 2012 bertambahSetelah lini belakang dan tengah keropos akibat absennya John Terry dan Frank Lampard, situasi sulit merebak ke sektor bawah mistar

BACA JUGA: Michael Phelps Liburan Bareng Pacar

Di sana, hanya ada satu kiper yang siap dimainkan, yakni Joe Hart.

Sejauh ini, Hart menjadi satu-satunya kiper yang bisa mengikuti sesi latihan timnas Inggris Selasa lalu
Sedangkan dua penjaga gawang lainnya, Ben Foster dan Scott Carson absen akibat cedera lutut dan punggung

BACA JUGA: Mascherano Siap jadi Cadangan

Capello pun harus memutar otak untuk mencari pelapis Hart yang layak untuk even sekelas kualifikasi Euro.

Dibandingkan mencari pengganti untuk sektor tengah atau pertahanan, penjaga gawang menjadi pekerjaan rumah terberat Capello
Saat mempersiapkan tim untuk beruji coba lawan Hungaria lalu, dia berencana memanggil kiper Watford U-21 Scott Loach dan kiper keempat Blackburn Rovers Frankie Fielding.

Saat ini, situasinya memang belum seburuk itu

BACA JUGA: Luca Toni Selamat dari Kecelakaan

Bagaimanapun, Capello meminta Arsenal menyiapkan kiper cadangan berusia 19 tahun James Shea untuk memastikan dirinya membawa dua kiper dalam sesi latihan kemarinPadahal, anak muda ini sangat minim pengalamanDia bahkan belum pernah dipanggil masuk skuad senior Arsenal.

Namun, federasi sepak bola Inggris (FA) menyarankan Capello tidak memanggil kiper baru dalam waktu dekatPenyebabnya, mereka masih berharap Foster dan Carson bisa kembali fit sebelum laga melawan Bulgaria.

Dengan krisis yang menerpa hampir semua lini Three Lions?sebutan Inggris, praktis kekuatan mereka tinggal bertumpu pada lini depanIni bukan kabar bagus, mengingat selama Piala Dunia lalu produktivitas lini yang digawangi Wayne Rooney itu tidak terlalu memuaskan.

Namun, tidak semua penggawa Inggris pesimistisWinger Arsenal Theo Walcott menyatakan siap memikul beban Inggris di laga perdana kualifikasiSaat ini dia dalam kondisi prima, lantaran tidak masuk skuad Capello yang dibawa ke Piala Dunia di Afrika Selatan lalu.

"Saya mendapat cukup banyak waktu istirahat selama musim panasSegalanya berjalan lancar, dan saya harus menjaga kaki saya tetap di tanah," papar Walcott, seperti dikutip BBC Sport"Begitulah, tidak ikut Piala Dunia ada efek positifnya juga," imbuh pemuda 21 tahun itu.

Walcott mengaku tidak menyalahkan siapapun setelah dicoret dari skuad Piala Dunia CapelloMeski kecewa, dia juga tidak menyesalkan kondisinya yang belum seratus persen pulih dari cederaMenurut winger Arsenal itu, dia hanya bisa memastikan hal serupa tak terjadi lagi dengan bekerja keras di lapangan, dan menjaga diri dari ancaman cedera.

"Saya siap untuk melawan Bulgaria, meskipun laga di level timnas selalu sulitKami memetik hasil bagus saat beruji coba lawan Hungaria, dan kami bisa tampil bagus sepanjang laga," ulas Walcott"Itulah yang harus kami perlihatkan di partai pembuka kualifikasi," imbuhnya.

Walcott juga tidak khawatir dengan minimnya jumlah gol yang dicetak Inggris sejak Piala Dunia"Kadang, gol tidak muncul karena tim-tim lawan datang ke Wembley dengan benteng pertahanan yang fantastisMereka menempatkan banyak pemain di belakang yang membuat kami sulit menembus gawang merekaSaya yakin Bulgaria akan menampilkan hal yang sama, dan kami harus melakukan hal yang benar untuk memetik tiga poin," tegasnya.

Inggris bakal terjun dengan skuad compang-camping di laga iniSelain John Terry, bek tengah Rio Ferdinand juga masih absenPengganti Terry, Phil Jagielka, kondisinya diragukan akibat cedera engkelSedangkan di lini depan, Peter Crouch belum tentu bisa main lantaran mengalami masalah punggung(na/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nasib Robinho Tergantung Borriello


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler