Inggris Luncurkan Jaringan Telekomunikasi 4G

Rabu, 31 Oktober 2012 – 11:34 WIB
LONDON - Inggris menjadi negara pertama yang meluncurkan layanan jaringan komunikasi generasi keempat (4G). Layanan mobile ini telah aktif di 11 kota utama negeri Ratu Elisabeth ini.

Menurut laman BBC, kota seperti London, Manchester, Bristol, Birmingham, Cardiff, Edinburgh, Leeds, Liverpool, Sheffield, Glasgow dan Southampton sudah bisa mengakses ke jaringan 4G sejak Selasa pagi (30/10). Menyusul Belfast, Derby, Hull, Newcastle dan Nottingham akan aktif menjelang perayaan Natal mendatang.

Jaringan 4G ini diluncurkan perusahaan Everything Everywhere (EE) yang memiliki perusahaan telekomunikasi Orange dan T-Mobile di Inggris. Jaringan ini menjanjikan kecepatan antara 8 sampai 12Mbps -hingga lima kali lebih cepat dari teknologi generasi ketiga ponsel, yang dikenal sebagai 3G.

Kecepatan ekstra dan kapasitas memungkinkan untuk streaming berkualitas tinggi audio, video dan konten lainnya saat bepergian. Perusahaan itu juga menyatakan jika 4G menawarkan pelanggan atas penjelajahan internet super cepat, serta akan bermanfaat besar untuk bisnis.

Namun, manfaat tersebut bisa didapatkan melalui langganan dengan biaya pendaftaran sebesar 36 poundsterling atau sekitar Rp560 ribu per bulan termasuk 500MB. Namun di luar biaya add-on harus dibayar jika pengguna ingin terus menggunakan internet di ponsel mereka.
  
Biaya untuk data tambahan mulai dikenakan sebesar 3 poundsterling atau Rp46 ribu untuk 50MB, dan menjadi 20 poundsterling atau sekira Rp308 ribu untuk 4GB data. Tetapi, EE mengklaim bahwa siapapun yang menggunakan 4G akan bisa mengakses internet di ponsel mereka lima kali lebih cepat dibanding 3G. EE juga menawarkan 4G layanan fibre broadband.(esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tawarkan Lokasi Prostitusi, iPhone Siri Dikeluhkan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler