Ingin Langsing, Makan Bayam

Kamis, 11 September 2014 – 12:01 WIB
Bayam mengandung tilakoid yang bisa mengurangi keinginan Anda untuk makan. Foto: Daily Mail

jpnn.com - BAYAM sayuran berdaun hijau yang dalam bahasa Persia berarti tangan hijau, merupakan salah satu sayuran terbaik. Sayuaran ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan nilai gizi.

Setiap 100 gram bayam terkandung 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

BACA JUGA: Aneka Rasa Kondom yang Bikin Seks Lebih Lezat

Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan esensial dan fitokimia yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Nah, kini ada satu lagi manfaat bayam, ternyata sayur berwarna hijau ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan membatasi mengidam makanan hampir 95 persen.

Para ilmuwan di Universitas Lund di Swedia menemukan ekstrak bayam mengandung membran daun hijau yang disebut tilakoid yang meningkatkan penurunan berat badan hampir 43 persen.

BACA JUGA: Tips Menjaga Anak Terhidrasi

Studi ini menunjukkan bahwa tilakoid memperkuat produksi hormon tubuh kenyang dan menekan rasa lapar hedonis, yang mengarah ke pengendalian nafsu makan yang lebih baik, kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat dan penurunan berat badan.

"Analisis kami menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung tilakoid mengurangi keinginan Anda untuk makan dan membuat Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari," kata peneliti Profesor Charlotte Erlanson-Albertsson, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (10/9).

BACA JUGA: Ini Alasan Mengapa Anda Harus Lebih Sering Bercinta

Cukup komplek sekali manfaat dari tumbuhan yang satu ini, maka dari itu sangat dianjurkan kita untuk mengonsumsinya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minuman Manis Bisa Ganggu Memori


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler