Ingin Lebih Bahagia? Coba Konsumsi Lima Makanan Ini

Minggu, 30 September 2018 – 21:05 WIB
Cokelat hitam. Foto: Telegraph

jpnn.com - Kebahagiaan dapat dicapai melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan.

Dilansir dari Boldsky, otak manusia memiliki empat komponen utama yang membentuk hormon bahagia, yaitu dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin. Hormon-hormon tersebut dapat merangsang rasa bahagia sekaligus mengurangi kecemasan.

BACA JUGA: 5 Kiat Turunkan Berat Badan Saat Tidur

Untuk meningkatkan hormon tersebut, Anda bisa mengonsumsi lima sumber makanan sehat ini.

1. Cokelat Hitam

BACA JUGA: Make - up Natural dengan Warna Kalem

Cokelat hitam dikemas penuh dengan antioksidan. Cokelat hitam dapat meningkatkan suasana hati secara alami karena adanya N-acylethanolamine, sekelompok bahan kimia yang menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin. Itulah alasan mengapa mengalami perasaan euforia setelah mengonsumsi sebatang cokelat hitam.

Selain itu, cokelat hitam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi kognitif untuk beberapa orang.

BACA JUGA: Memanfaatkan Kain Perca ala Aryani Widagdo

2. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang telah dikaitkan dengan kesehatan otak dan mengatur suasana hati. Buah ini juga banyak mengandung vitamin B3 yang mampu meningkatkan serotonin. Serotonin mau pun vitamin B3 memainkan peran penting dalam kesehatan.

3. Tomat Ceri

Tomat adalah sumber likopen yang sangat baik, antioksidan yang melindungi otak, dan memerangi depresi. Para peneliti menemukan bahwa salah satu manfaat terbesar dari likopen adalah mencegah penumpukan senyawa pro-inflamasi yang telah dikaitkan dengan depresi.

4. Kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan mengandung vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan seng yang menjaga tingkat hormon stres kortisol rendah. Kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan biji labu merangsang produksi endorfin yang kemudian dilepaskan ke aliran darah untuk menimbulkan perasaan euforia, menghilangkan stres dan meningkatkan kesenangan.

5. Susu

Susu dikenal untuk meningkatkan mood karena mengandung senyawa yang disebut tryptophan yang akan dikonversi menjadi serotonin. Hormon serotonin merupakan hormon bahagia yang membantu dalam mengatur suasana hati. Sementara itu, protein yang ditemukan dalam susu yang dikenal sebagai laktium memiliki efek menenangkan pada tubuh. (fid/jpc)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sesuaikan Gaun dengan Tema Acara


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler