Ingin Memiliki Tinggi Badan yang Ideal, Konsumsi 5 Vitamin dan Mineral Ini

Sabtu, 08 April 2023 – 02:14 WIB
Ilustrasi jus tomat. Foto: (ANTARA/Shutterstock)

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda merasa tidak puas dengan tinggi badan kamu saat ini?

Memiliki tinggi badan yang tidak ideal, apalagi untuk kaum pria, terkadang bisa membuat mereka merasa tidak percaya diri.

BACA JUGA: 9 Sayuran Sehat yang Bantu Menambah Tinggi Badan

Dalam banyak kasus, alasannya bisa jadi karena kekurangan vitamin. Meskipun Anda tidak bisa menggunakan vitamin secara langsung untuk tumbuh lebih tinggi, vitamin mungkin memainkan peran utama dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Mereka membantu membuat tulang Anda lebih kuat dan sehat. Namun, ini hanya mungkin bila Anda menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda bersama dengan semua vitamin yang dibutuhkan. Tubuh membutuhkan banyak vitamin seperti B1, B2, D, E, dan C.

BACA JUGA: Kaya Vitamin C, Anda Wajib Mengonsumsi 7 Buah Ini

Banyak penelitian telah menyatakan bahwa hanya makan makanan tertentu yang mengandung sedikit vitamin tidak bisa berkontribusi pada pertumbuhan tinggi badan.

Oleh karena itu, diet yang dipadukan dengan semua nutrisi bermanfaat yang dibutuhkan akan membantu Anda dalam berbagai cara dan bisa membantu mendukung pertumbuhan linier dan memaksimalkan tinggi badan.

BACA JUGA: Dokter: Air Mineral Berkualitas Bisa Bikin Tubuh Selalu Bugar

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.com.

1. Vitamin D

Ini adalah vitamin terpenting yang berkontribusi dalam membuat tulang kuat dan panjang.

Ketika seseorang tidak mendapatkan vitamin D dalam dosis yang dibutuhkan, tulang dan giginya menjadi lemah.

Selain sinar matahari yang merupakan sumber utama vitamin D, Anda juga bisa menambah asupan dengan memasukkan makanan kaya vitamin D ke dalam makanan Anda seperti susu dan jamur yang diperkaya vitamin D.

Vitamin D juga bisa berkontribusi untuk mencapai tinggi badan optimal dengan membantu tubuh menyerap fosfor dan kalsium secara efektif yang penting untuk pertumbuhan tulang

2. Vitamin B1

Vitamin ini bisa membantu mendukung pencapaian tinggi badan yang optimal secara tidak langsung karena berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

Ini juga membantu mengatur proses pencernaan. Vitamin B1 berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf.

Meskipun ini mungkin tidak secara langsung berkontribusi pada tinggi badan, mereka bisa mendukung kesejahteraan fisik seseorang, yang membantu dalam hal ini. Beberapa sumber umum vitamin B1 adalah beras, kacang tanah, dan kedelai.

3. Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin juga dikenal sebagai vitamin B2. Ini adalah vitamin penting yang membantu dalam meningkatkan tinggi badan. Ini mendukung pertumbuhan tulang, kulit, rambut, dan kuku.

Makanan kaya riboflavin termasuk telur, ikan, susu, dan sayuran berdaun hijau.

4. Vitamin C (Asam Askorbat)

Vitamin ini juga dikenal sebagai asam askorbat yang berkontribusi untuk memperkuat tulang dan gigi serta mendorong pertumbuhannya.

Ini adalah antioksidan kaya yang membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit. Sumber kaya vitamin ini adalah tomat, kentang, buah jeruk, dan beri.

Sementara vitamin yang disebutkan di atas mendukung pertumbuhan yang optimal, suplemen saja mungkin tidak menjamin pertumbuhan yang optimal.

Penting juga untuk memasukkan mineral penting (kalsium, fosfor) dan keseimbangan makronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein) yang sehat dalam makanan Anda untuk memastikan pertumbuhan optimal, yang merupakan kunci untuk mencapai potensi tinggi genetik kamu.

5. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Asupan kalsium secara teratur bisa mendukung umur panjang dan kekuatan tulang Anda. Sumber utama kalsium adalah susu dan produk susu lainnya.

Itu juga bisa diperoleh dari sumber makanan lain seperti sawi, bayam, produk kedelai yang diperkaya dan lobak hijau. Selain kalsium, fosfor juga membantu pertumbuhan tulang.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler