Ingin Panjang Umur? Rajinlah Konsumsi Ikan

Rabu, 03 April 2013 – 11:01 WIB
LONDON - Mengkonsumsi ikan yang kaya kandungan asam lemak omega-3 secara teratur dapat memperpanjang rentang hidup manusia. Demikian hasil paparan sebuah studi terbaru Harvard School of Public Health (HSPH) dan University of Washington.

Menurut penelitian tersebut, ikan mampu menyediakan omega-3 yang penting untuk perkembangan otak serta mengurangi peradangan otak, sistem kardiovaskular dan sel-sel lain.

Menurut Xinhua (2/4), ini adalah studi pertama yang menyelidiki tingkat konsumsi ikan dan menghubungkannya dengan tingkat kematian.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health (HSPH) dan University of Washington, meneliti selama kurun waktu 16 tahun atas catatan kesehatan yang melibatkan 2.700 orang Amerika dewasa yang sehat.

Hal ini menemukan bahwa orang dengan kadar tertinggi dari asam lemak, hidup rata-rata 2,2 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat lebih rendah.

The American Heart Association sendiri merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu, termasuk 140 gram minyak ikan.  Hal ini dikarenakan tubuh manusia tidak menghasilkan asam lemak omega-3 dan sumber diet terbaik adalah minyak ikan.

Jenis ikan yang mengandung kadar tinggi dari asam lemak mencakup tuna, salmon, mackerel, herring, sarden, dan ikan teri.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perokok Sembilan Kali Lebih Beresiko Terkena TB

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler