Ini 3 Kiat Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Jumat, 24 April 2020 – 04:23 WIB
Menyentuh wajah. Foto: Prevention

jpnn.com - Tahukah Anda bahwa diperkirakan manusia rata-rata terbiasa memegang wajah mereka 23 kali dalam satu jam?

Angka yang cukup banyak dalam satu jam itu menandakan kebiasaan ini akan sulit dihentikan karena dinilai sebagai hal yang sangat wajar dan manusiawi.

BACA JUGA: Kenali Khasiat Ekstrak Daun Kelor untuk Perawatan Wajah

Maka itu, kebiasaan menyentuh wajah mungkin akan sulit untuk dihentikan, terutama dengan tangan kotor.

Tips mengurangi kebiasaan memegang wajah

BACA JUGA: Ini 4 Cara Supaya Tidak Menyentuh Wajah

Setelah mengetahui bahaya dari terbiasa memegang wajah dengan tangan yang kotor, tentu Anda ingin mengurangi kebiasaan tersebut, bukan?

Sebenarnya, mencoba memberitahu diri sendiri bahwa Anda perlu mengurangi kebiasaan menyentuh wajah mungkin adalah langkah yang tidak tepat. Hal ini mungkin dikarenakan ketika Anda dilarang ternyata semakin besar untuk memegang wajah sendiri. 

BACA JUGA: Bagi Deddy Corbuzier, Membebaskan Siti Fadilah Lebih Bermanfaat Dibanding Program Asimilasi Menteri Yasonna

Maka itu, bersikap keras pada diri sendiri mungkin tidak akan membantu sama sekali karena pikiran tertekan justru tidak berhasil mengekang perilaku Anda. 

Berikut beberapa cara mengurangi kebiasaan ini dengan cara yang lebih fleksibel dan sederhana.

1. Buat tangan tetap sibuk

Salah satu cara agar kebiasaan menyentuh wajah berkurang dengan tangan yang kotor adalah membuatnya tetap sibuk. 

Maksudnya, Anda bisa melawan keinginan untuk memegang wajah dengan bantuan dari stress ball agar tangan tidak ada kesempatan untuk mendarat di bagian mata, hidung, dan mulut.

Stess ball adalah mainan lentur kecil dengan bentuk beragam tapi kebanyakan seperti bola yang bisa dipencet dan ditekan.

Selain stress ball, Anda juga bisa mencoba memainkan karet gelang yang dikaitkan di pergelangan tangan. 

Apabila kurang efektif, cobalah untuk menyelipkan tangan di bawah paha ketika duduk. Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali ketika ingin memegang wajah sendiri.

2. Minta tolong kepada teman

Kebiasaan menyentuh wajah ternyata juga bisa dikurangi dengan bantuan teman Anda. Cobalah untuk meminta teman, pasangan, atau anggota keluarga yang memperingatkan Anda ketika menyentuh wajah sendiri. 

Selain bantuan dari teman, ternyata mengatur reminder dari ponsel yang membantu mengingatkan Anda juga cukup efektif. 

3. Memperhatikan pemicu kebiasaan

Sebenarnya, salah satu hal yang membuat Anda mungkin sulit menghentikan kebiasaan menyentuh wajah adalah kebiasaan lainnya. Misalnya, menggigit kuku. 

Pada saat menggigit kuku, terutama dengan tangan yang kotor, ternyata kesempatan untuk memegang wajah menjadi lebih besar dan sering. Bahkan, ketika ada jerawat di wajah pun menjadi salah satu alasan keinginan untuk memegang muka lebih besar. 

Maka itu, memperhatikan pemicu yang dapat membuat Anda terbiasa menyentuh wajah juga diperlukan, seperti menggosok mata, menggigit kuku, atau memencet jerawat. 

Intinya, Anda perlu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan hingga bersih dan mengurangi kebiasaan menyentuh wajah agar risiko infeksi virus dan bakteri pun mengecil.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler