Ini 5 Cara Mencegah Lansia Terkena Infeksi Paru

Jumat, 12 Juli 2019 – 23:30 WIB
Lansia. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Infeksi paru atau pneumonia adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Selain anak, kelompok yang rentan mengalami penyakit ini adalah lansia atau mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Tips agar lansia tidak kena infeksi paru

BACA JUGA: Wanita Lanjut Usia Ditemukan Tewas di Dalam Sumur

Meski masuk ke dalam kelompok yang rentan terhadap gangguan kesehatan, para lansia tidak boleh patah semangat. Ada banyak cara untuk mencegah lansia tidak terkena masalah infeksi paru, yaitu:

1. Banyak aktivitas

BACA JUGA: 70 Persen Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Bekasi Didominasi Lansia

Aktivitas fisik adalah kunci agar tubuh tetap sehat, termasuk terhindar dari pneumonia. Anda bisa melakukan aktivitas fisik yang mudah, tidak usah yang berat-berat.

"Aktivitas yang bisa dilakukan adalah yang mudah-mudah saja, jangan sampai memberatkan. Bisa dimulai dari jalan kaki di sekitar perumahan, beres-beres rumah, dan peregangan mudah di rumah. Intinya adalah beraktivitas supaya tidak diam," kata dr. Valda.

BACA JUGA: Rumah Roboh, Mbah Sawen Pingsan Tertimpa Ruruntuhan

2. Terpapar sinar matahari

Aktivitas fisik di atas bisa dipadukan dengan kegiatan yang berada di luar rumah supaya lansia bisa terpapar sinar matahari, terutama pada pagi hari. Sinar matahari ternyata bisa mematikan beberapa bakteri penyebab infeksi paru.

"Ini harus dilakukan oleh para lansia. Mereka bisa berkebun, berjemur, atau duduk-duduk di depan rumah supaya terpapar sinar matahari. Beberapa bakteri tertentu bisa mati kena sinar matahari, salah satunya bakteri penyebab TBC," ungkap dr. Valda.

3. Menjaga rumah tetap bersih

Biasanya lansia akan banyak beraktivitas di dalam rumah atau ruangan itu-itu saja. Nah, ruangan yang lembap juga bisa menyebabkan lansia mengalami infeksi paru. 

"Ada baiknya menjaga kebersihan rumah dan ventilasi rumah supaya kuman, debu, bakteri tidak menyerang saluran pernapasan," saran dr. Valda.

4. Dapatkan vaksin pneumonia

Lansia mungkin bisa mendapatkannya. Ada dua tipe vaksin untuk mencegah pneumonia, yaitu pneumokokal konjugat 13-valent (PVC-13) dan pneumokokal polisakarinda (PPSV23). Vaksin PVC-13 diberikan pada orang berusia 50 tahun ke atas, sedangkan vaksin PPSV23 diberikan pada usia 60 tahun ke atas.

5. Setop merokok

Bagi lansia yang masih aktif merokok, lebih baik hentikan kebiasaan ini. Aktivitas ini dapat merusak sistem pertahanan jaringan paru terhadap infeksi. Dengan demikian, risiko pneumonia dan gangguan paru lainnya lebih mungkin terjadi.

Kelima tips bisa dilakukan untuk menjaga lansia agar terhindar dari penyakit infeksi paru. Anda bisa minta ditemani anggota keluarga lain, seperti anak atau cucu, saat membersihkan rumah atau berkegiatan di luar ruangan.

Yang terpenting, dengan selalu menjaga hidup aktif dan lingkungan yang sehat, risiko tertular pneumonia akan berkurang.(HNS/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lansia Jepang Banjiri Bursa Tenaga Kerja


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler