Ini 5 Fakta Tentang RS UMMI, Tempat Rizieq Shihab Dirawat

Senin, 30 November 2020 – 06:45 WIB
RS UMMI Bogor. Foto: tangkapan layar Instagram

jpnn.com, BOGOR - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab telah pulang dari RS Ummi Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu 28 November 2020 malam.

Direktur Utama RS UMMI Bogor, Andi Taat mengatakan, Rizieq Shihab dan keluarganya pulang atas permintaan sendiri.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Habib Rizieq Rahasiakan Hasil Swab, Pesan Tegas Panglima TNI, Kok Pak Anies Pecat Wali Kota?

RS UMMI Bogor mengklaim tidak bertanggung jawab jika pasien memaksa pulang. Rizieq Shihab dan keluarga juga telah bersedia mendatangani dokumen kepulangan atas permintaan sendiri.

"Pasien dan keluarga pada Sabtu (28 November 2020) malam menginformasikan ke pihak rumah sakit untuk meminta pulang atas permintaan sendiri," kata Andi Taat.

BACA JUGA: Anggota Polda Metro & TNI Datangi Rumah Habib Rizieq, Bawa Sesuatu, Laskar FPI Sempat Menghalangi

Keluarnya Rizieq Shihab dari RS UMMI tidak diketahui Satgas Penanganan Covid-19 Bogor.

Kepergian Rizieq dianggap warganet sebagai bentuk dia kabur dari rumah sakit. Hal ini dikarenakan kepulangan Rizieq yang terkesan diam-diam pergi pada malam hari, lewat pintu belakang. Alhasil, hastag RS UMMI dan kabur melesat ke papan atas trending topic media sosial, Minggu kemarin.

Berikut ini 5 fakta RS UMMI yang dipilih Rizieq Shihab untuk rawat inap, pada 25 November 2020.

BACA JUGA: Sejak Kemarin Habib Rizieq Sudah Minta Pulang dari RS Ummi, Meskipun...

1. Berada di kawasan Kampung Arab, Bogor

RS UMMI terletak di Jalan Empang II No 2, RT 04/RW 02, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan.

Wilayah tersebut juga dikenal dengan kawasan Kampung Arab, karena banyak ditinggali warga etnis Arab.

2. Dulunya Rumah Sakit Ibu dan Anak

Sebelum dikenal sebagai RS UMMI Bogor, rumah sakit ini dulunya diketahui sebagai Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) pada tahun 2013.

"RSIA mulai dari tahun 2013 sampai 2016. Kemudian menjadi rumah sakit umum atau RSU per 31 Desember 2016," kata Humas rumah sakit, Chairuddin.

3. Menjadi Rumah Sakit Umum 2016

RS Bogor ini pertama berdiri pada tahun 2013 dengan nama RSIA. Tetapi, pada 31 Desember 2016, rumah sakit ini berubah nama menjadi RSU (Rumah Sakit Umum atau Rumah Sakit UMMI).
 
4. Fasilitas RS UMMI Bogor

RS UMMI Bogor ini juga memiliki beragam fasilitas, mulai dari ruang rawat inap, ruang neonatologi, ruang intensive care, ruang tindakan, hingga ruang hemodialisa.

a) Ruang rawat inap terdiri dari ruang kelas I, II, III, VIP room, Suite room, dan President suite room.

b) Ruang neonatologi merupakan ruang perawatan bayi baru lahir (0-28 hari), yang memiliki kondisi tubuh yang tidak baik, misalnya bagian paru-paru yang belum siap dan memerlukan tindakan lanjut. Ruangan ini terdiri dari 2 ruang, yaitu neonatologi 1 untuk bayi sehat, neonatologi 2 untuk bayi sakit, dan ruang isolasi.

c) Ruang intensive care yang dimiliki ada beberapa macam, yaitu ICU (Intensive Care Unit), PICU (Pediatric Intensive Care Unit), dan NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

d) Ruang tindakan yang ada di RS UMMI Bogor terdiri dari Operate Kamer (OK) dan Verlos Kamer (VK) atau ruang bersalin.

e) Ruang hemodialisa adalah ruangan untuk membantu beberapa fungsi ginjal yang terganggu atau rusak. Tindakan hemodialisa ini membantu menjaga keseimbangan cairan, elektrolit tubuh, dan membantu mengekskresi zat-zat sisa atau buangan.

5. Rizieq rawat inap

Rizieq Shihab sempat menjalani perawatan dan general check up kesehatan. Belum diketahui alasan persisnya kenapa dia harus dirawat di rumah sakit.

Pihak rumah sakit hanya menyampaikan kalau Rizieq Shihab kelelahan dan butuh istirahat total. Rizieq juga mengklaim sudah melakukan tes swab tetapi tidak bersedia mempublikasikan ke siapapun, termasuk Satgas Covid-19 Kota Bogor. (ngopibareng/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler