Ini 5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Selasa, 05 Februari 2019 – 16:28 WIB
Ilustrasi bau badan tak sedap. Foto: gqindia

jpnn.com - Menghirup aroma yang tak sedap tentu saja menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi siapa pun. Itulah sebabnya saat tubuh mengeluarkan bau badan tak sedap, orang-orang pun enggan berada di sekitar Anda.

Secara alami, bau badan tercipta karena interaksi antara bakteri dengan keringat di permukaan kulit tubuh Anda. Bakteri bisa memecah protein dalam keringat menjadi asam yang akhirnya menimbulkan bau tak sedap.

BACA JUGA: Usir Bau Badan Membandel dengan 4 Cara Mudah Ini

Meskipun bau badan terjadi secara alami, terdapat beberapa faktor penyebab seseorang cenderung memiliki bau badan tak sedap. Berikut ini adalah penyebab bau badan beserta penjelasannya:

1. Keringat berlebih

BACA JUGA: Pasangan Bermasalah dengan Bau Badan? Begini Solusinya

Selain mengalami peningkatan aktivitas fisik, beberapa orang dapat memproduksi keringat secara berlebihan. Kondisi ini disebut dengan hiperhidrosis.

Area tubuh yang mengandung keringat banyak menjadi tempat yang tepat untuk berkembangnya bakteri. Semakin banyak jumlah bakteri yang berinteraksi dengan keringat, semakin besar pula kemungkinan bau badan tak sedap yang ditimbulkan.

BACA JUGA: Punya Masalah Bau Badan? Anda Wajib Santap Makanan Ini

2. Konsumsi makanan tertentu

Beberapa jenis makanan dapat menimbulkan bau badan tak sedap karena cenderung membuat Anda berkeringat berlebih, misalnya saja makanan pedas. Selain itu, terdapat makanan yang aromanya dapat memengaruhi bau keringat, sehingga menimbulkan bau badan tak sedap.

3. Berat badan berlebih

Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki lipatan kulit yang banyak, misalnya pada perut. Kondisi tersebut menjadi area yang ideal untuk bersarangnya keringat dan bakteri.

Pada akhirnya,karena lebih banyak interaksi yang terjadi antara keringat dan bakteri di tubuh, maka timbul bau badan tak sedap.

4. Stres

Salah satu kelenjar yang memproduksi keringat adalah kelenjar apokrin. Pada saat stres, kelenjar apokrin memproduksi keringat lebih banyak.

Selain jumlah keringat yang memang lebih banyak, keringat yang diproduksi kelenjar tersebut terdiri dari air dan lemak, sehingga cenderung menimbulkan bau badan tak sedap.

5. Kebersihan tubuh yang kurang terjaga

Menjaga kebersihan tubuh sangat dianjurkan, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar, sehingga meminimalkan kesempatan berkembangnya bakteri yang berpotensi menyebabkan bau badan tak sedap.

Meninggalkan area-area lipatan seperti ketiak atau lipat paha dalam keadaan kurang bersih saat mandi berpotensi menimbulkan bau badan tak sedap.

Dengan menghindari berbagai penyebab bau badan tak sedap di atas, maka tubuh Anda akan senantiasa terhindar dari penyakit, terutama yang disebabkan oleh bakteri. Ketahui juga tips mencegah bau badan lainnya agar upaya Anda lebih optimal.(NP/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yuni Shara Usir Bau Badan dengan Ramuan Alami Ini


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler