Ini 5 Tanda Anda Tidak Cinta Lagi Dengan Pasangan

Jumat, 17 Januari 2020 – 18:11 WIB
Ilustrasi perceraian. Foto: Pixabay/Observer.com

jpnn.com - Menjaga hubungan dengan pasangan agar tetap harmonis bukan perkara gampang. Diperlukan kerja sama yang baik dari kedua belah pihak.

Namun, ada saja faktor yang membuat keributan. Apa saja?

BACA JUGA: Perceraian Bisa Memicu Kesehatan Mental?

Simak lima tanda untuk mengetahui apakah Anda masih atau sudah tidak cinta lagi dengan pasangan. 

1. Mulai malas bertemu 

BACA JUGA: Bagaimana Kelanjutan Hubungan Kumalasari dan Galih? Mbak You: Bubar

Pada awal menjalin asmara, Anda dan pasangan mungkin bisa bertemu satu sampai tiga kali dalam seminggu karena rela menghabiskan banyak waktu berdua.

Nah, apabila Anda mulai merasa enggan atau malas bertemu tanpa alasan yang jelas, Anda boleh bertanya pada diri sendiri. Apakah Anda memang hanya butuh waktu sendiri sesekali, atau apakah rasa cinta mulai pudar?

BACA JUGA: Ada 3.456 Kasus Perceraian, Salah Satu Alasan karena Masalah Medsos

Ketika Anda sampai pada titik di mana Anda sudah terbiasa untuk menikmati hidup tanpa kehadiran pasangan, ini juga patut dicurigai.

2. Sudah tidak peduli dengan dia

Salah satu hal terpenting dalam menjalin hubungan adalah saling peduli. Anda harus peduli dengan perasaan dan emosi pasangan. Peduli ini adalah salah satu tanda bahwa Anda mencintai pasangan. 

Namun, saat seseorang benar-benar sudah tidak lagi peduli dengan kondisi pasangannya, bisa dipastikan empati, simpati, dan rasa cintanya mulai pudar. 

Misalnya, dulu Anda selalu punya waktu untuk mendengarkan keluh kesah pasangan di tempat kerja, sering memberikan saran, atau bahkan sukarela membantu masalah pasangan.

Namun apabila sekarang Anda hanya mau mendengarkan lewat chat atau telepon saja dan seringkali tak acuh dengan masalah pasangan, itu bisa menjadi tanda sudah tidak cinta. 

3. Mulai tidak tertarik

Tanda bahwa Anda sudah tidak cinta lagi bisa berupa rasa ketertarikan yang sudah hilang. Coba ingat sewaktu mencintai pasangan dulu, pasti si dia kelihatan sangat menarik buat Anda. Bahkan, segala kekurangan fisik atau non-fisik yang ada di diri pasangan akan Anda abaikan. 

Tanda Anda masih mencintai dia juga bisa ditandai dengan masih adanya hasrat untuk menyentuh secara fisik. Menurut Psychology Today, pasangan yang sedang jatuh cinta akan lebih sering melakukan hubungan seks.

Ini bukan untuk memenuhi hasrat sendiri, namun untuk membuat pasangan merasa diinginkan dan dihargai.

Apabila Anda sudah mulai enggan melakukan kontak fisik yang lebih intim dengan pasangan. Bisa dicurigai bahwa Anda memang sudah mulai tidak cinta. 

4. Sudah mulai malas komunikasi

Kedua orang yang saling jatuh cinta akan saling menjaga komunikasi satu sama lain di kondisi sesibuk apapun. Jatuh cinta akan membuat Anda menunggu-nunggu kabar dari si dia, saling bertukar cerita, atau bahkan menyempatkan waktu untuk saling telepon di waktu luang. 

Apabila cinta di dalam diri Anda untuk pasangan telah pudar. Anda akan selalu membuat alasan untuk tidak berhubungan.

Misalnya, Anda berkelit bahwa tidak sempat membalas chat pasangan karena sedang sibuk, Anda tidak bisa melakukan rutinitas telepon karena sudah mengantuk, dan sebagainya. 

Pada akhirnya, masalah berkurangnya komunikasi ini dapat menjadi tanda bahwa Anda sudah tidak cinta dengan pasangan. 

5. Tidak mau memperbaiki hubungan

Terakhir, tanda bahwa Anda benar sudah tidak cinta dengan pasangan adalah enggan memperbaiki 4 poin di atas. Pertemuan, komunikasi, rasa peduli, dan juga sentuhan fisik adalah unsur penting dari kondisi saling mencintai.

Jika tidak menginginkan adanya perubahan untuk hubungan dengan pasangan, sudah hampir dipastikan bahwa Anda merasakan tanda tidak cinta lagi dengan si dia.(HelloSehat/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler