Ini 5 Tips Khusus Gaya Hidup Sehat untuk Gamer

Senin, 19 Juli 2021 – 23:59 WIB
Gamer sedang bermain gim melalui PC. Foto: Ubergizmo

jpnn.com - Duduk selama berjam-jam seperti yang biasa dilakukan para gamer tentunya merupakan kebiasaan yang kurang baik dan tidak sehat.

Mengapa? Karena umumnya tubuh yang kurang bergerak akan menyebabkan mudah sakit. Terutama pada bagian tubuh bawah atau lower back.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Bakal Ada Aksi Unjuk Rasa Bubarkan PPKM, Novel Bilang Ada Permainan China, Saran Dokter Tirta

Apa sih permasalah umum yang sering terjadi pada kesehatan gamer?

Akibat kurangnya aktivitas tubuh pastinya akan menyebabkan gaya hidup yang tidak sehat, serta pola makan yang kurang teratur

BACA JUGA: Clinton Beri Tips untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Selain itu seringkali sistem kekebalan tubuh terancam dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti demam, pilek, obesitas, sakit kepala, dan sakit perut

Namun untuk mengatasinya tidak terlalu sulit asalkan sang gamer memiliki niat yang kuat, serta mencoba untuk mengubah rutinitas harian.

BACA JUGA: 10 Manfaat Sehat Tomat yang Luar Biasa

1. Hidrasi Tubuh

Salah satu bahaya yang sering mengincar tubuh ketika menghabiskan waktu lama di belakang layar adalah kurangnya cairan. Ada baiknya untuk menyediakan botol air besar di samping kamu yang mana dapat kamu konsumsi setiap setengah jam sekali.

Mungkin kamu enggan untuk bangkit dan pergi ke kamar mandi, tetapi anggaplah ini waktu untuk meregangkan tubuh.

Selain itu tambahkan beberapa jenis vitamin seperti magnesium yang baik untuk metabolisme tubuh, maupun suplemen Minyak Ikan Omega 3 yang baik agar mengurangi risiko sakit kepala.

 

2. Tetap bergerak

Meski sudah mengonsumsi air tapi ternyata itu saja tidak cukup! tubuh juga perlu bergerak.

Salah satu alternatif yang dapat kamu pilih adalah mencoba berinvestasi pada jenis game konsol seperti permainan melalui playstation di tv atau di smartphone.

Dengan cara ini kamu akan bisa lebih aktif dan memiliki pengalaman baru saat bermain game. Selain itu tidak ada salahnya untuk berolahraga secara teratur.

Tidak perlu memaksakan diri, cukup mulai dari hal yang ringan dan meningkatkannya secara bertahap.

 

3. Meregangkan tubuh

Duduk untuk waktu yang lama akan sangat berpengaruh pada kesehatan. Salah satunya adalah membuat darah menjadi terhambat.

Mengerti akan hal ini ada baiknya setiap kamu memiliki waktu istirahat dan peregangan yang cukup contoh mudah yang bisa dilakukan adalah luruskan tangan Anda ke depan sejajar bahu kemudian buat gerakan putar tangan searah jarum jam dan lalukan 5x repetisi.

Buatlah jadwal istirahat kamu sendiri misalnya setiap 1 jam atau 2 jam sekali. Alternatif lainnya cobalah untuk memilih permainan yang tidak memakan waktu terlalu lama.

Jika kamu masih merasa kesulitan apalagi untuk mereka yang menghabiskan waktunya sangat lama di balik computer, cobalah untuk memulai permainan multipemain yang mana kamu memiliki waktu untuk menunggu atau mengelola fitur lainnya sebelum permainan dimulai.

Ingat kesehatan adalah yang utama jadi jangan sampai dilupakan.

4. Tidur Cukup

Nah, siapa yang sering kurang tidur karena main game sampai pagi? Mungkin ketika kita masih berusia remaja atau belum menginjak 40 tahun tubuh tidak akan merasakan apapun, tapi jangan salah loh risiko penyakit bisa saja terjadi kepada siapa saja karena pola tidur yang kurang tepat.

Orang yang terus-menerus melihat layar komputer juga bisa mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Ini terjadi karena adanya sinar biru yang menyebabkan kesulitan tidur.

Untuk mengatasinya yuk miliki pola tidur yang lebih baik terjadwal mulai sekarang. Hitung-hitung investasi untuk masa panjang.


5. Permainan Gerak Tubuh

Daripada memilih permainan yang terus-menerus sama yang tidak bervariatif, ada baiknya kamu juga mengombinasikan dengan gim yang lebih menyenangkan seperti menggunakan Nintendo Wii atau kinect.

Jenis permainan ini bukan hanya membuat tubuh kamu harus berdiri dan bergerak tetapi juga seru dimainkan bersama teman-teman.

Cara ini jauh lebih menyenangkan akan jauh terasa ringan, Ketimbang harus memaksakan diri untuk berolahraga secara rutin.

Namun, bukan berarti ini cukup untuk membuat tubuh menjadi sehat. Ini hanyalah salah satu cara bagi pemula yang ingin memulai olahraga.

Demikianlah 5 tips untuk gamer, semoga informasi ini akan membantu kamu untuk mengubah gaya hidup serta akan meningkatkan kesehatan.

Untuk melengkapi saat bermain game atau pun beristirahat , percayakan pada Ruparupa situs belanja online yang mengedepankan keamanan, kenyamanan, serta kemudahan dalam bertransaksi.

Melalui platform digital ini kamu bisa menemukan berbagai produk kebutuhan rumah tangga dan perkantoran seperti kursi ergohuman, meja belajar, meja kerja, kursi kantor keyboard, yang tersedia dengan harga terbaik.

Tersedia juga kursi dan meja untuk game. Jika masih bingung cukup bandingkan jual kursi gaming yang ada, dan pilih yang sesuai dengan kamu.

Temukan juga berbagai kebutuhan lainnya seperti peralatan dapur, perlengkapan tempat tidur seperti kasur, sprei dan bantal berkualitas terbaik. (flo/jpnn) 

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler