Ini 6 Benda Beracun yang Tersembunyi di Tas Wanita

Kamis, 13 Februari 2014 – 17:47 WIB

jpnn.com - SAAT bepergian, wanita terkenal dengan tas yang penuh dengan barang bawaan. Mulai dari dompet, kosmetik, sampai telepon genggam. Dari beberapa benda yang yang ada didalam tas wanita, ada beberapa yang bisa jadi barang paling beracun.

Berikut ini benda-benda paling beracun yang tersembunyi di tas para wanita, seperti dilansir Prevention:

BACA JUGA: Valentine, Kenapa Harus Coklat?

1. Smartphone

Smartphone memang tidak berhubungan langsung dengan suatu penyakit. Tapi The International Agency for Research on Cancer mengatakan bahwa aktivitas eletromagnetik dari ponsel bisa bersifat karsinogen bagi manusia. Dalam percobaan in-vitro di Gazi University, Turki, paparan radiasi gelombang mikro di ponsel bisa membuat sel kanker payudara empat kali tumbuh lebih cepat dan mematikan sperma tiga kali lebih cepat.

BACA JUGA: Tangkal Kanker Payudara dan Prostat dengan Jus Tomat

"Otak juga berisiko karena 50 menit penggunaan ponsel menyebabkan peningkatan glukosa yang signifikan di daerah otak. Kadar glukosa di otak yang tinggi berkaitan dengan alzheimer," kata ahli epidemiologi kanker dan presiden Environmental Health Trust, Devra Davis PhD, seperti dilansir laman Prevention, Selasa (11/2).

Untuk mengurangi paparan radiasi ponsel, Davis menyarankan anda lebih memanfaatkan fasilitas SMS atau chatting ketimbang menelepon. Jaga juga jarak antara wajah dengan layar ponsel. Selain itu lebih baik gunakan speaker pada ponsel.

BACA JUGA: Tomat Ungu Anti Kanker Siap Dipasarkan

2. Hand sanitizer

Menggunakan hand sanitizer memang membuat tangan bersih. Tapi secara tidak sadar, terlalu banyak menggosok benzalkonium klorida, bahan aktif di hand sanitizer bisa mengakibatkan asma pada orang sehat karena zat itu adalah senyawa asthmogen.

Untuk menghindari benzalkonium klorida, carilah hand sanitizer bebas alkohol, pewarna sintetis, dan aroma. Sebab, kebanyakan pewarna dan aroma bisa memicu alergi di kulit.

3. Lip balm

Ada beberapa lip balm yang mengandung parabens yang dikenal sebagai pengacau hormon dan jika terkontaminasi dengan hidrokarbon bisa merusak sitem saraf. Selain itu, kadang ada kandungan retinol palmitat yang bisa menghasilkan senyawa berpotensi karsogenik jika terpapar cahaya.

Sebaiknya, carilah lip balm yang bebas parabens, minyak bumi, retinol palmitat, wewangian sintetis, dan tabir surya kimia. Pilih saja lip balm dengan avobenzone serta gunakan tabir surya fisik yang bisa menangkal radikal bebas dari UVA dan UVB.

4. Struk belanja

Struk belanjaan berupa kertas dengan tekstur mengkilap merupakan salah satu sumber dari Bisphenol A (BPA). Zat tersebut bisa diserap melalui kulit dan akan banyak dosis yang terserap jika anda menyentuhnya dengan jari, yang dapat mengakibatkan resiko obesitas, diabetes, kanker, dan infertilitas mengingat BPA bisa mengganggu endokrin dan mengacaukan sistem metabolisme serta hormonal.

5. Botol air minum

Banyak orang tidak sadar tetap menggunakan botol air minum plastik berulang-ulang meskipun belum tentu bahan plastik yang digunakan berbahaya karena bisa saja mengandung BPA.

Lebih baik anda mulai hindari penggunaan botol plastik dan pilih botol kaca atau aluminium yang memang bisa anda gunakan berkali-kali. Apalagi air dalam botol plastik yang terpapar sinar matahari juga berbahaya bagi tubuh.

6. Parfum

Beberapa bahan pembuat parfum bisa berbahaya bagi kesehatan misalnya dnegan menimbulkan alergi. Contoh lain adalah phthalates yang diketahui bisa melemahkan androgen pada pria yang berkaitan dengan infertilitas dan cacat lahir pada janin. Di mana janin tersebut sudah terpapar phthalates sejak di dalam kandungan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika anda memilih parfum yang memang terbuat dari ekstrak bahan-bahan alam meskipun beberapa bahan kimia dalam pembuatan parfum sulit dihindari misalnya alkohol. (fny/jpnn)

Source: Prevention

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler