Ini 6 Smartphone yang Cocok untuk Belajar Online

Sabtu, 05 Juni 2021 – 16:02 WIB
Oppo A15s resmi meluncur di Indonesia. Foto: Oppo Indonesia

jpnn.com - Smartphone menjadi barang penting selama pandemi covid-19. Pelajar maupun mahasiswa sangat membutuhkan smartphone untuk terus belajar online atau kuliah online dari rumah.

Tak hanya memikirkan brand, saat beli smartphone untuk belajar online pun harus memerhatikan spesifikasi agar tidak bermasalah saat mengakses Zoom, Google Classroom atau aplikasi untuk pembelajaran jarak jauh lainnya.

BACA JUGA: Ini Sejumlah Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan M12

Tidak pun perlu sampai membeli smartphone flagship karena banyak smartphone entry level hingga mid range yang punya spesifikasi mumpuni dan harga terjangkau di kisaran Rp 1-2 jutaan saja.

Jika Anda sedang mencari smartphone terbaik untuk belajar online atau kuliah online, berikut ada rekomendasinya: 

BACA JUGA: Oppo Indonesia Meluncurkan Aplikasi Belanja Online, Ini Kelebihannya

1. OPPO A15

Smartphone pertama yang bisa dilirik adalah OPPO A15. Smartphone ini hadir dengan tiga kamera di bagian belakangnya.

BACA JUGA: Realme Narzo 30 Bakal Dirilis Pekan Depan

Masing-masing memiliki resolusi 13 MP, kamera makro 2 MP dan sensor depth kamera memiliki resolusi sebesar 2 MP. Sedangkan untuk kamera depan beresolusi sebesar 8 MP dan sudah dilengkapi dengan fitur AI Beautification.

Sedangkan untuk dapur pacunya didukung oleh mesin MediaTek Helio P35 dengan dikombinasikan RAM 3GB dan memori internal sebesar 35GB.

Pada bagian layarnya juga lebih luas dengan resolusi 6.52 inchi HD+ dengan tambahan fitur Eye Comfort Filter sehingga mata Anda dapat terlindungi.

Harga smartphone ini jika di cek di situs Blibli.com, harga hp OPPO A15 ini di kisaran harga Rp 1.7 juta – Rp 1.8 juta per unitnya.

2. realme C2

Realme C2 hadir dengan layar berukuran sebesar 6.1 inchi. Bisa lihat dari ukurannya bahwa realme menggunakan layar yang cukup luas untuk hp entry level, layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 sebagai lapisan pelindungnya.

Sebagai dapur pacu dari hp ini menggunakan mesin chipset MediaTek Helio P22 12 nm yang memang sudah dikenal irit dalam penggunaan daya baterai.

Hp realme c2 tersedia dalam dua varian diantaranya varian dengan seri RAM 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB serta varian kedua seri RAM 3GB/ dan memori internal sebesar 32GB. realme c2 juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas cukup besar yaitu 4000 mAh.

Jika Anda juga adalah seorang pengguna smartwatch, hp ini sudah compatible dengan smartwatch lho! Anda bisa mendapatkan HP ini di kisaran harga Rp 1.8 jutaan.

3. OPPO A3s

Hp OPPO a3s memiliki layar full screen sehingga Anda bisa lebih leluasa ketika menggunakannya dan hp ini juga sudah dilengkapi dengan sensor Face Unlock sebagai fitur pengamannya.

Desain yang dimiliki hp ini juga bisa dibilang sudah oke dengan dilengkapi spesifikasi yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Misalnya pada bagian RAM berkapasitas 3 GB yang dikombinasikan dengan chipset

Snapdragon 450 dan memori internal sebesar 32GB, dengan spesifikasi seperti itu dapat melahirkan performa lebih maksimal.

Kualitas yang dimiliki hp ini juga menjadi salah satu keunggulan dari hp ini, mungkin karena dilengkapi dengan dual kamera utama beresolusi 13 MP dan juga 2 MP, pada bagian kamera depan memiliki resolusi 8 MP. Harganya? Harga dari hp ini di kisaran Rp 1.5 juta – Rp 1,8 juta.

4. Samsung Galaxy M02

Selanjutnya ada hp keluaran dari perusahaan asal Korea yaitu Samsung Galaxy M02, hp ini cocok untuk Anda yang suka fotografi.

Hal ini karena hp ini dilengkapi kamera dengan resolusi 13 MP pada bagian kamera utamanya dan untuk kamera sekundernya memiliki resolusi 2 MP yang dirancang agar bisa membidik objek foto dari jarak yang cukup dekat.

Sedangkan untuk kamera selfienya dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 MP.

Layar yang melengkapi hp ini juga memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 6.5 inchi dengan dibingkai menggunakan bingkai kaca di bagian depannya, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan bahan dasar plastik sehingga dapat mengurangi resiko terkena goresan. Harga yang ditawarkan hp ini di kisaran Rp 1,2 jutaan.

5. Infinix Hot 10

Hp ini telah dikenal sebagai perangkat yang memiliki kinerja yang cukup baik, mungkin karena hp ini dilengkapi dengan mesin processor Octa Core dengan kecepatan di kisaran 2.0 Ghz dan juga processor ini sudah dikenal sebagai prosesor hemat daya.

Sementara itu bagian chipsetnya menggunakan MediaTek Helio G70 12 nm, hp ini juga menggunakan XOS yang berbasiskan Android 10 untuk sistem operasinya.

HP ini juga memiliki desain yang cukup trendi sehingga yang alasan tambahan lainnya hp ini cocok untuk digunakan pelajar maupun mahasiswa.

Ternyata tidak hanya trendi, hp ini juga memiliki beberapa fitur unggulan sebut saja ada Ear Sensor Receiver, Ulife, Smart Scanner dan masih banyak fitur yang lainnya juga.

6. Vivo Y12i

Desain yang ditawarkan hp ini cukup premium dan dilengkapi dengan gradasi warna lebih memukau, sehingga cocok untuk pelajar atau mahasiswa yang masih memerhatikan hp yang digunakan.

Layar yang digunakan hp ini berukuran 6.35 inci dengan dilengkapi bingkai bezel tipis dan waterdrop screen pada bagian kamera depannya.

Mesin yang digunakan hp ini adalah Snapdragon 439 Octa Core dengan kecepatan yang dimilikinya di kisaran 1.95 Ghz dan makin powerful dengan dikombinasikan RAM 3 GB, memori internal 32 GB.

Harga yang ditawarkan hp ini ada di kisaran Rp 1,7 jutaan – Rp 1,8 jutaan.

Anda lebih memilih hp mana yang nih untuk memenuhi kebutuhan belajar online atau kuliah online? Sebelum membeli hp baru pastikan untuk mengecek spesifikasinya terlebih dahulu serta sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini.

Anda bisa membeli hp tersebut dengan mudah secara online melalui situs e-commerce seperti Blibli.com. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler