Ini 7 Hal yang Harus Dipersiapkan Ibu Hamil Jelang Melahirkan Buah Hati

Kamis, 04 November 2021 – 23:50 WIB
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com - Para ibu hamil kini bisa memastikan pemeriksaan kandungan dengan kalkulator kehamilan di aplikasi SehatQ.

Selain itu juga bisa memeriksa usia kandungan dengan melakukan tindakan USG ketika berkonsultasi dengan dokter kandungan pilihan.

BACA JUGA: Ibu Hamil Jangan Konsumsi 4 Buah Ini, Bahaya untuk Janin Lho

Ketika kalkulator kehamilan sudah menunjukkan angka di atas 30 minggu, maka hari perkiraan lahir (HPL) pun sudah makin dekat.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang sebaiknya langsung Anda masukkan ke dalam tas begitu usia kandungan sudah memasuki kepala tiga.

BACA JUGA: Ibu Hamil dan Menyusui juga Bisa Tetap Merawat Wajah dengan Aman, Ini Caranya

Satukan semuanya dalam satu tas sehingga ibu hamil bisa langsung mengangkut tas rumah sakit tersebut setiap saat dibutuhkan!

1. Pakaian Bayi

BACA JUGA: Ibu Hamil Jangan Ragu Minum Air Kelapa Muda, Ini 3 Manfaatnya Lho

Pakaian bayi tentu saja menjadi perlengkapan persalinan paling utama yang mesti disiapkan.

Anda mungkin agak bingung, jenis pakaian bayi apa saja yang mesti disiapkan ketika persalinan semakin dekat.

Setidaknya, Anda menyiapkan piyama tidur, baju sehari-hari, legging, celana pop, topi, sampai kaus kaki untuk si kecil yang akan datang ke dunia sebentar lagi.

Jumlahnya tidak usah terlalu banyak karena perkembangan bayi pada bulan-bulan awal kelahirannya akan sangat pesat.

2. Popok

Tentu saja Anda tidak bisa melewatkan popok untuk persiapan persalinan menyambut si kecil. Anda bisa memilih popok sekali pakai atau yang bisa digunakan kembali.

Semua tergantung preferensi Anda. Masing-masing jenis popok juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, umumnya ketika di rumah sakit, tenaga medis akan lebih mengutamakan penggunaan popok sekali pakai untuk bayi Anda. Jadi, jangan lupa sediakan jenis popok tersebut setidaknya untuk perlengkapan si kecil di rumah sakit, ya.

3. Perlengkapan Menyusui

Ketika kalkulator kehamilan SehatQ menunjukkan waktu HPL yang makin dekat, pastikan Anda sudah memiliki berbagai perlengkapan sebagai senjata menyusui.

Ini karena belum tentu proses menyusui secara langsung berjalan lancar, bukan? Bisa jadi juga Anda tidak bisa langsung memberikan ASI untuk si kecil sehingga susu formula diberikan lebih dahulu dengan alasan keamanan.

Oleh karena itu, Anda setidaknya menyediakan botol susu yang sudah disterilkan untuk persiapan kelahiran nanti. Sediakan pula nipple cream untuk mengurangi rasa sakit ketika pertama kali menyusui.

4. Perlak

Anda akan sangat membutuhkan perlengkapan yang satu ini. Bayi akan banyak membuang urine ataupun feses pada masa-masa awal kelahiran.

Dalam artian, Anda akan sering mengganti popokya. Perlak dapat menjadi alas mengganti popok yang mudah dibawa ke mana pun.

5. Bedong

Suhu tubuh bayi bisa dua kali menurun lebih cepat daripada orang dewasa. Oleh karena itu, bayi baru lahir cenderung dibedong tanpa terlalu ketat untuk menghangatkan tubuhnya.

Anda perlu menyiapkan banyak kain bedong untuk keperluan si kecil.

6. Tempat Tidur Bayi

Banyak jenis tempat tidur bayi yang sudah mulai Anda siapkan ketika mengetahui HPL dari kakulator kehamilan. Anda bisa mengambil satu set tempat tidur mewah ataupun hanya memilih tempat tidur bayi berupa lembaran.

Pastikan tempat tidur bayi tidak terlalu empuk dan tebal karena dapat meningkatkan risiko kematian bayi secara mendadak.

7. Korset
Korset akan sangat berguna bagi Anda pasca persalinan. Ini bukan perkara agar bentuk tubuh Anda bisa cepat kembali seperti semula.

Menggunakan korset juga dapat meringan rasa nyeri habis melahirkan, khususnya bagi Anda yang melahirkan dengan metode operasi caesar.

Penggunaan korset juga mampu membuat postur tubuh Anda membaik dan menghindari risiko bungkuk sehabis melahirkan.

Jadi, sudah berapa usia kandungan Anda menurut kalkulator kehamilan yang ada di SehatQ ? Waspadai selalu tanda-tanda persalinan agar proses melahirkan tidak terburu-buru dan tetap nyaman. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler